Layanan Google Tumbang Sulit Unggah File di Gmail

Sebanyak 62 persen pengguna mengeluhkan tidak bisa mengunggah attachment atau lampiran pada Gmail.
Beberapa layanan Google dilaporkan tumbang pada Kamis, 20 Agustus 2020. (Foto: DownDetector)

Jakarta - Layanan Google dilaporkan tumbang pada Kamis, 20 Agustus 2020. Beberapa aplikasi seperti Gmail, Google Drive, Google Meet, dan YouTube dikabarkan tumbang.

Beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa mengunggah lampiran seperti file, foto, dan video di aplikasi Gmail. Kemudian pengguna juga kesulitan untuk mengunggah file baru ke Google Drive. Tidak hanya itu, pengguna YouTube juga melaporkan gangguan pada proses upload video di YouTube.

Dari pantauan Tagar di situs monitoring DownDetector, tumbangnya beberapa layanan Google ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara seperti India, Australia, Jepang, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Google TumbangPeta terjadinya gangguan pada layanan Google di beberapa negara. (Foto: DownDetector)

Laporan gangguan ini memuncak pada pukul 12.30 WIB dan pihak Google sendiri telah menyadari adanya gangguan pada beberapa layanan mereka. Saat ini raksasa teknologi tersebut tengah melakukan investigasi terkait penyebab gangguan ini.

"Kami akan memberikan informasi lebih lanjut," tulis Google.

Situs DownDetector sendiri mencatat adanya ribuan laporan terkait tumbangnya layanan Google ini. Sebanyak 62 persen pengguna mengeluhkan tidak bisa mengunggah attachment atau lampiran pada Gmail, kemudian 21 persen pada upaya login email, dan 16 persen tidak dapat menerima email.[]

Berita terkait
Fitur Keamanan Terbaru Gmail Deteksi Email Palsu
Fitur keamanan terbaru ini akan menggunakan standar bernama Indicators for Message Identification (BIMI), yang berfungsi memeriksa sumber email.
5 Cara Menjaga Jejak Digital dari Google Indonesia
Google Indonesia memberikan tips bagaimana caranya menggunakan platform digital agar jejak digital yang terkumpul dalam platform tersebut.
Privacy Screen untuk Google Drive di iOS dan iPadOS
Google meluncurkan fitur baru Privacy Screen untuk Google Drive di iOS dan iPadOS yang memungkinkan pengguna melidungi data.
0
Fadli Zon: Sertifikasi Dai, Pola Klasik Belanda Redam Ulama Zaman Dulu
Menurut Fadli Zon, tes wawasan kebangsaan bagi Dai harus ditolak lantaran mirip pola yang dipakai Belanda untuk membungkam para ulama zaman dulu.