UNTUK INDONESIA

Latar Belakang Militer, Doni Monardo Diminta Tegas Soal Protkes

Adib Miftahul mengatakan bahwa Tim Satgas Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo cs tidak boleh loyo dalam melakukan penanganan pandemi.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo tampil dengan seragam lengkap militer saat bertugas di gedung Graha BNPB, Jakarta, Senin, 27 April 2020. (Foto: Facebook/Egy Massadiah)

Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Adib Miftahul mengatakan bahwa Tim Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo cs tidak boleh loyo dalam melakukan penanganan pandemi.

Adib menjelaskan, kendati posisi Satgas saling berkaitan dengan beberapa lembaga lainnya, namun secara komunikasi, Doni Monardo selaku Ketua Tim Satgas harus lebih aktif.

Doni Monardo harus tegas di sini, harus ada upaya-upaya deteksi dan penindakan harus disinergikan

"Setidaknya kan Satgas harus bersinergi dengan pihak lain ketika ingin mengindahkan protokol kesehatan, karena Satgas kan hanya semacam operator kalo dilihat dari penanganan Covid-19 ini," kata Adib kepada Tagar, Rabu 18 November 2020.

Adib menilai, sosok Doni Monardo dengan latar belakang militer diharapkan bisa bersikap tegas terhadap penegakkan protokol kesehatan di masa pandemi.

"Doni Monardo harus tegas di sini, harus ada upaya-upaya deteksi dan penindakan harus disinergikan," kata Adib.

Adib menyorot, kerumunan massa yang terjadi akibat kedatangan Rizieq sampai acara pernikahan putrinya merupakan dampak dari lemahnya Satgas yang tidak melakukan tindakan.

"Kalau Selasa harusnya muncul, ya kenapa hari Jum'at begitu juga ?" Ucapnya.

Sementara Direktur Indonesian Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan bahwa Doni Monardo selaku ketua Tim gugus tugas mendapat angin segar karena namanya tidak disenggol dalam sanksi sebagaimana Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat (Jabar) yang dicopot dari jabatannya karena telah membiarkan gelombang massa Rizieq Shihab.

Ujang melanjutkan, Meski ketua BNPB itu merangkap dua jabatan Strategis, namun terkait dengan kerumunan massa dari agenda pentolan FPI itu, Kemungkinan besar Doni tidak akan dicopot lantaran ia bukan penguasa di wilayah tersebut.

"Soal Doni Monardo tak akan dicopot. Mungkin karena dia bukan penguasa wilayah," kata Ujang.[] (PEN)

Berita terkait
Rizieq Shihab Tidak Peduli Covid-19, Doni Monardo Kirim Masker
Ferdinand Hutahaean: Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab disebut tidak peduli Covid-19 namun Kepala BNPB Doni Monardo malah kirim masker.
Acara Rizieq Shihab, Doni Monardo Harusnya Tegur Anies Baswedan
Ferdinand Hutahaean berkata, sebaiknya Kepala BNPB Doni Monardo tegur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal massa di tempat Habib Rizieq Shihab.
Kirim Masker ke Rizieq Shihab, Alibi Doni Monardo Berantakan
Pemberian 20.000 masker untuk resepsi pernikahan putri Rizieq Shihab oleh BNPB dikecam. Ade Armando menyebut kebijakan Doni Monardo berantakan.
0
FPI Mengaku Sudah Lakukan Protkes di Kediaman Rizieq Shihab
Pengacara Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengaku, pihaknya sudah melaksanakan protokol kesehatan pada acara di kediaman Habib Rizieq Shihab.