UNTUK INDONESIA

Kirim Masker ke Rizieq Shihab, Alibi Doni Monardo Berantakan

Pemberian 20.000 masker untuk resepsi pernikahan putri Rizieq Shihab oleh BNPB dikecam. Ade Armando menyebut kebijakan Doni Monardo berantakan.
Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab berorasi di Bandara Soekarno-Hatta saat kepulangan dari Arab Saudi. (Foto: Tagar/Anton Raharjo via Getty Images)

Jakarta – Pemberian 20.000 masker untuk resepsi pernikahan putri Rizieq Shihab oleh BNPB dikecam banyak pihak. Kebijakan Kepala BNPB Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 itu dinilai ruwet dan berantakan.

Hal itu disampaikan Pengamat Komunikasi Politik, Ade Armando melalui pesan WhatsApp, Sabtu, 14 November 2020 malam. Menurut Ade, apapun alasan yang menjadi alibi Doni Monardo tidak masuk akal.

“Semua alasan tidak masuk di akal. Buat apa uang rakyat digunakan untuk biayai para peserta kawinan anak Rizieq. Suruh mereka sediakan masker sendiri,” tegas Ade Armando.

Menurut Ade kebijakan tersebut telah menunjukkan sikap tebang pilih BNPB dan Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam mencegah kerumunan massal.

“Ruwet itu sih. Tepatnya (kebijakan Doni Monardo) memang berantakan,” tuturnya.

Akademisi Ilmu Komunikasi UI-UPH itu menyarankan Satgas agar menerapkan peraturan sebagaimana umumnya disosialisasikan kepada masyarakat.

“Kalau yang datang tidak pakai masker ya langsung diberi sanksi, seperti biasa,” sebut Ade Armando yang juga peneliti di Saiful Mujani Research and Consulting itu.

Lihat juga: Doni Monardo: Masker Bukan Spesial untuk Rizieq Shihab

Diberitakan Tagar sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo membeberkan alasannya mengirimkan bantuan masker dan hand sanitizer ke pesta pernikahan putri Rizieq Shihab ditujukan bagi warga di sekitaran lokasi hajatan.

“Bukan spesial untuk HRS (Habib Rizieq Shihab), untuk masyarakat di sekitar Petamburan, sebagamana selama ini Satgas membagi masker ke semua daerah," kata Doni kepada Tagar, Sabtu, 14 November 2020.

Doni menerangkan, pihaknya sudah mengimbau kepada para tokoh di sana agar sadar diri terhadap protokol Covid-19 yang sudah ditetapkan pemerintah, karena pandemi virus corona di Indonesia belum berakhir.

"Kami juga berharap semua tokoh-tokoh yang ada bisa kerja sama agar kepatuhan protokol kesehatan ini bukan karena ada sanksi, tapi kesadaran kolektif untuk melindungi diri sendiri dan lainnya," ucapnya.

Doni menegaskan bantuan yang dikirim ke Petamburan bukan hanya untuk menegakkan protokol kesehatan saat pernikahan putri HRS.

"Tapi bagian upaya untuk mengajak seluruh komponen sekitar menggunakan masker, untuk dipakai," kata dia.[]

Berita terkait
Kirim Masker ke Acara Putri Rizieq Shihab, Doni Monardo Salah Total
Ferdinand Hutahaean menilai Satgas Penanganan Covid-19 yang dipimpin Doni Monardo salah total beri masker acara nikah putrinya Habib Rizieq Shihab.
Denny Siregar Sindir Satgas Kirim Masker untuk Rizieq Shihab
Pegiat media sosial Denny Siregar menyindir Satgas Covid-19 yang memberikan masker untuk acara yang digelar Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.
Doni Monardo: Masker Bukan Spesial untuk Rizieq Shihab
Ketua Sargas Covid-19 Doni Monardo menyatakan langkah pihaknya membagikan 20.000 masker ke Petamburan bukan spesial untuk Rizieq Shihab.
0
Kirim Masker ke Rizieq Shihab, Alibi Doni Monardo Berantakan
Pemberian 20.000 masker untuk resepsi pernikahan putri Rizieq Shihab oleh BNPB dikecam. Ade Armando menyebut kebijakan Doni Monardo berantakan.