UNTUK INDONESIA
Lapas Jateng Over Kapasitas, Ribuan Napi Dapat Cuti
Semua Lapas dan Rutan di Jawa Timur over kapasitas. Salah satu cara menguranginya adalah dengan memberikan cuti jelang bebas hingga remisi.
Kepala Devisi Kemasyarakatan Kemenkumham Jateng, Marasidin Siregar saat berada di Lapas Kedung Pane, Semarang. (Foto: Tagar/Sigit AF).

Semarang - Semua lembaga permasyarakatan (Lapas) maupun rumah tahanan (Rutan) di Jawa Tengah (Jateng) over kapasitas. Kondisi ini dipicu tidak sebandingnya jumlah narapidana dengan kamar yang disediakan di dalam lapas.

Kira-kira 4.236 napi untuk tahun 2020 ini. Dan ini angka terkecilnya, karena masih akan ada perubahan dan masih ada kenaikan jumlah.

Hal ini disampaikan Kepala Devisi Kemasyarakatan, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jateng, Marasidin Siregar. Menurutnya, setiap lapas dan rutan di Jateng mengalami over kapasitas rata-rata 60 persen.

"Untuk Kanwil Jateng kami hitung rata-rata 60 persen. Kalau Lapas Kelas 1 Kedung Pane 200 persen dari 600 sampai 1.900 narapidana, katanya, Minggu 19 Januari 2020.

Mengurangi kelebihan kapasitas itu, pihaknya akan melakukan beberapa langkah. Di antaranya pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat. Tak tangung-tanggung, ada sekitar 4.236 narapidana yang akan merasakan kebijakan tersebut di tahun ini.

"Kira-kira 4.236 napi untuk tahun 2020 ini. Dan ini angka terkecilnya, karena masih akan ada perubahan dan masih ada kenaikan jumlah. Karena mengacu kepada tahun 2019 mencapai angka 6000-an," katanya.

Selain itu, pihaknya akan memberi remisi kepada 13 ribu narapidana. Mulai dari remisi umum dan khusus hari raya.

"Tahun ini, kami akan memberikan remisi kepada 13.452 napi WBP (warga binaan permasyarakatan). Remisi Umum sebanyak 6.527 orang, remisi khusus Idul Fitri sebanyak 6.220 orang, remisi khusus Natal 581 orang, remisi khusus Waisak 96 orang, remisi khusus Nyepi 25 orang, dan remisi khusus Imlek 3 orang," tuturnya.

Remisi ini diberikan kepada warga binaan yang dinilai mempunyai sikap baik selama menjalani masa tahanan dan menjadi solusi permasalahan over kapasitas. Selain itu, remisi ini juga menghemat pengeluaran hingga Rp16,5 miliar. []

Berita terkait
Polda Jateng Dalami Kerajaan Agung Sejagat Purworejo
Polisi mendalami motif dan sejarah Kerajaan Agung Sejagat Purworejo. Raja dan ratu telah diamankan.
OTT KPK, Komisioner KPU Wahyu di Mata Kolega Jateng
Komisoner KPU Wahyu Setiawan yang kena OTT KPK lama berkarir di Jawa Tengah. Sejumlah koleganya di Jawa Tengah kaget dengan penangkapan itu.
Spesifikasi Moge Polisi Jateng Curi Perhatian Jokowi
Sebelum bertolak menuju Yogyakarta, Jokowi menyempatkan diri untuk melihat motor gede (moge) Patwal Polda Jawa Tengah bertipe BMW K1600B.
0
Virus Corona, Perlakuan Khusus ABK Diamond Princess
ABK dari kapal pesiar Diamond Princess yang tengah menjalani proses observasi mendapatkan penanganan khusus.