UNTUK INDONESIA
Langkah Pemkab Pemalang Usai Bupati Positif Covid
Pemkab Pemalang memastikan roda pemerintahan tetap berjalan meski bupati dan pejabat lain positif Covid-19. Langkah penyesuaian dilakukan.
Kompleks kantor Pemkab Pemalang. Roda pemerintahan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dipastikan tetap berjalan seperti biasa. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Pemalang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, Jawa Tengah melakukan penyesuaian agenda pemerintahan setelah bupati, sekretaris daerah dan seorang pejabat eselon II dinyatakan positif Covid-19. Dengan langkah tersebut roda pemerintahan dipastikan tidak terganggu.

“Penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan. Tidak boleh berhenti,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemalang Tutuko Raharjo, Kamis, 23 Juli 2020.

Ketika bisa diwakili oleh anak buah ya dilakukan anak buah.

‎Menurut Tutuko, pemkab hanya melakukan penyesuaian terhadap agenda-agenda yang mestinya dihadiri oleh bupati. Untuk sementara, agenda-agenda bupati digantikan oleh wakil bupati atau diwakilkan ke kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

“Misalnya kegiatan yang melibatkan beliau, karena beliau lagi off ya kami jadwalkan ulang. Itu yang harus dihadiri beliau. Ketika bisa diwakili oleh anak buah ya dilakukan anak buah,” ujar Tutuko.

Tututko juga memastikan para pegawai tetap masuk agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik. Selain penerapan protokol kesehatan, penyemprotan disinfektan juga sudah dilakukan di lingkungan pemkab. 

"Semua ruangan disemprot disinfektan, termasuk ruangan bupati," ujarnya.

Baca lainnya: 

‎Tutuko menambahkan langkah tracing terhadap seluruh kontak erat bupati juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan yang lebih luas. "Semua kontak erat dilacak dan dilakukan tes secara bertahap," ujarnya.

Aktivitas mereka yang tinggi diduga menjadi penyebab penularan. Meski demikian kondisi kesehatan mereka terpantau baik tanpa gejala corona. PEN []‎Sebelumnya diberitakan, Bupati Pemalang Junaedi dan istrinya, Irna Setiawati, terkonfirmasi positif Covid-19. Dua pejabat lainnya, Sekda Muhammad Arifin dan Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Bejo Suwarno, juga dinyatakan positif.

Aktivitas mereka yang tinggi diduga menjadi penyebab penularan. Meski demikian kondisi kesehatan mereka terpantau baik tanpa gejala corona. PEN []

Berita terkait
Bupati Pemalang, Istri, dan 2 Pejabat Positif Covid
Bupati Pemalang Junaedi, istrinya, serta Sekda Muhammad Arifin dan Kepala BPPD Bejo Suwarno positif Covid-19.
Bupati Positif Covid, Ganjar: Pemalang Okeh Uwong
Gubernur Ganjar Pranowo memastikan roda pemerintahan dan pelayanan publik di Pemalang tetap jalan meski bupati dan pejabat lain positif Covid-19.
Sehari, 5 Tenaga Medis di Pemalang Positif Covid-19
6 warga dinyatakan positif Covid-19 di Pemalang dalam sehari. Lima di antaranya tenaga medis.
0
Langkah Pemkab Pemalang Usai Bupati Positif Covid
Pemkab Pemalang memastikan roda pemerintahan tetap berjalan meski bupati dan pejabat lain positif Covid-19. Langkah penyesuaian dilakukan.