UNTUK INDONESIA

Lampu Hingga Rumput Stadion GBT Surabaya Rampung Terpasang

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali meninjau progres renovasi Stadion GBT Surabaya untuk Piala Dunia U-20.
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat melihat renovasi ruang ganti pemain di Stadion GBT Surabaya, Kamis, 26 November 2020. (Foto: Tagar/Pemkot Surabaya)

Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya terus menggenjot renovasi Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Bahkan sejumlah fasilitas di dalam stadion GBT sudah rampung terpasang sesuai dengan standar FIFA.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan dirinya sudah memberi arahan kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) untuk lebih mempercantik ruangan-ruangan yang sudah kelar tersebut. Misalnya saat memasuki ruang toilet, di situ Risma meminta pemberian nomor di setiap pintu-pintu toilet.

Pemasangan lampu juga sudah kelar, tinggal instalasi ke PLN.

"Saya minta ada nomornya di setiap pintu. Lalu kalau habis membersihkan jangan lupa dikunci ruangannya," kata Risma di sela-sela sidak Stadion GBT Surabaya, Kamis, 26 November 2020.

Ia menjelaskan, untuk perkembangan renovasi di dalam stadion yang disesuaikan dengan standar Federation of International Football Association (FIFA) itu, dinilainya sudah rampung. Bahkan, dia membeberkan mulai dari lift, rumput serta single seat semuanya sudah terpasang.

Baca juga:

"Pemasangan lampu juga sudah kelar, tinggal instalasi ke PLN," kata wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa saat ini jajarannya tengah mengebut pembangunan atau renovasi di luar stadion, diantaranya pengerjaan akses jalan, lahan parkir dan tiga lapangan latihan. Kemudian, untuk tiga lapangan latihan itu akan diupayakan selesai pada akhir tahun 2020. 

Sedangkan untuk akses jalan baru yang dikerjakan oleh Dinas PU Bina Marga akan rampung sekitar Maret – April tahun 2020. Bahkan rencananya, Wali Kota Risma akan membuat penerangan jalan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

"Mudah-mudahan malah tidak menggunakan genset .Tapi nanti kita lihat sambungan tambahan dayanya itu. Karena ini cukup besar bukan hanya stadion tapi juga komplek, jalan-jalan baru, tiga lapangan latihan butuh penerangan," tuturnya.

Oleh sebab itu, melihat GBT yang sudah siap dalam menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, politisi PDIP ini ini berpesan kepada masyarakat, saat pelaksanaan Piala Dunia tiba, yang paling penting warga harus menjadi tuan rumah yang baik dan ramah. Menurutnya, tuan rumah yang ramah akan menjadi daya pikat tersendiri bagi orang asing atau wisatawan untuk datang kembali ke Kota Pahlawan.

"Jadi, orang betah itu tidak mesti terkesan dengan sesuatu yang mewah. Tapi bisa juga terkesan karena keramah-tamahannya. Dan di Surabaya itu yang sangat terkenal," ucapnya.[]

Berita terkait
AHY Berharap Khofifah - Emil Bantu di Pilkada Surabaya
Ketum Demokrat, Agus Harimurti berharap ada sinergitas antara usungan Demokrat dengan Khofifah-Emil yang di Pilgub Jatim lalu diusung Demokrat.
Respon Wali Murid Persiapan Sekolah Tata Muka di Surabaya
Pemkot Surabaya melakukan tes swab terhadap 4.896 siswa selama dua hari ini. Tes swab dilakukan sebagai langkah awal sekolah tatap muka.
Jogoboyo dan FPI Surabaya Tak Saling Lapor Ricuh di Grahadi
Polrestabes Surabaya melakukan mediasi usai ricuh aksi damai tolak kedatangan Habib Rizieq Shihab di depan Gedung Grahadi kemarin.
0
Lampu Hingga Rumput Stadion GBT Surabaya Rampung Terpasang
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini kembali meninjau progres renovasi Stadion GBT Surabaya untuk Piala Dunia U-20.