UNTUK INDONESIA
Lagu-Lagu Chrisye yang Paling Banyak Dinyanyikan Ulang
Berikut lagu-lagu terbaik sepanjang masa milik Chrisye, yang sukses dibawakan ulang oleh penyanyi-penyanyi top lain.
Cerita Peggy Melati dan enam artis penderita kanker. (Foto: Instagram/pevpearce)

Jakarta - Tanggal 16 September mengingatkan para pencinta musik Indonesia akan sosok penyanyi legendaris Chrisye. Situs pencarian Google bahkan membuat doodle khusus, sebagai penghargaan atas dedikasi pemilik nama lengkap Chrismansyah Rahadi di kancah musik nasional.

Chrisye yang meninggal pada 30 Maret 2007, dikenal memiliki banyak karya lagu yang masih digemari hingga kini. Beberapa penyanyi lawas maupun baru, bahkan membawakan ulang tembang milik biduan keturunan tionghoa itu.

Berikut lagu-lagu terbaik sepanjang masa milik Chrisye, yang sukses dibawakan ulang oleh penyanyi-penyanyi top lain.

ChrisyePenyanyi legendaris Indonesia Chrisye. (Foto: Instagram/@vinogbastian__)

1. Badai Pasti Berlalu

Album Badai Pasti Berlalu dirilis pada tahun 1977 menjadi begitu populer pada jamannya, lantaran merupakan  yang berjudul sama.

Album kemudian dirilis ulang pada 1999 dengan versi sama, dan berhasil masuk dalam jajaran 150 album terbaik oleh Majalah Rolling Stone Indonesia edisi Desember 2007.

Pada tahun 2007, Film Badai Pasti Berlalu diproduksi ulang, membuat album musik temanya pun direkam ulang pula. Kali ini, album diisi oleh penyanyi-penyanyi muda seperti Ari Lasso, Andi /Rif, Gleen Fredly, Astrid dan lain-lain.

ChrisyeChrisye (Foto: guitarchordtoday)

2. Pergilah Kasih

Selain lagu-lagu dalam album Badai Pasti Berlalu, tembang berjudul Pergilah Kasih juga pernah dibawakan ulang oleh kaum muda setelah Chrisye.

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun Vino G. Bastian untuk Chrisye

Kelompok musik D'Masive tercatat pernah membawakan lagu tersebut pada tahun 2002. Lagu gubahan Tito Soemarsono masuk dalam album ke-3 mereka yang berjudul Persiapan.

ChrisyePenyanyi legendaris Chrisye. (Foto: Instagram/@wisata_telinga_store)

3. Damai Bersama-Mu

Tidak hanya piawai melantunkan lagu bertema percintaan, Chrisye ternyata pernah juga menyanyikan tembang-tembang berlirik spiritual yang kental. Di antaranya satu lagu berjudul Damai Bersama-Mu yang dirilis pada tahun 1996.

Lagu dengan lirik bercerita tentang  kepasrahan manusia kepada Tuhan itu, kemudian dibawakan ulang oleh penyanyi muda. Antara lain oleh Sheila Marcia, serta penyanyi solo pria jebolan ajang Indonesian Idol, Virzha.

ChrisyeChrisye bersama Gipsy Band. (Foto: dennysakrie63.wordpress.com)

4. Seperti Yang Kau Minta

Salah satu lagu Chrisye yang paling banyak dinyanyikan ulang oleh penyanyi top adalah tembang berjudul Seperti Yang Kau Minta, gubahan Pongky Barata.

Pada tahun 2010, penyanyi muda jebolan ajang pencarian bakat Mamamia, Mitha Lestari, diketahui membawakan ulang lagu ini dan masuk dalam album pertamanya yang diberi tajuk, Cuma Kamu Cuma Aku.

Pada tahun yang sama, seorang penyanyi pendatang baru bernama Adhareza juga diketahui merilis lagu tersebut dalam album pertamanya yang berjudul Harga Diri.

Sebelumnya, penyanyi jebolan Indonesia Idol, Joy Tobing, juga membawakan ulang lagu Seperti yang Kau Minta, dan dimasukkan ke dalam album pertamanya yang berjudul Terima Kasih.

ChrisyeChrisye sedang memainkan Bass Gitar. (Foto: Ist)

5. Lilin-Lilin Kecil

Lagu Lilin-Lilin Kecil mulanya dinyanyikan Chrisye sewaktu mengikuti ajang Lomba Cipta Lagu Remaja yang diadakan oleh Radio Prambors.

Lirik lagu yang ditulis James F Sundah itu sampai saat ini telah dirilis ulang dengan berbagai versi oleh sejumlah penyanyi, seperti grup duo asal Belanda, Blue Diamonds, penyanyi asal Filipina bernama Victor Wood, serta dibawakan ulang dalam versi instrumental oleh Alex Faraknimella dan Jockie Soerjoprajogo. []



Berita terkait
Chrisye, Bakal 'Hidup' Kembali di Synchronize Fest 2019
Mendiang legenda musik nasional Chrisye bakal 'dihidupkan' kembali karya-karyanya dalam gelaran Synchronize Fest 2019.
Foto: Melihat Kenangan Chrisye Bersama Gipsy
Chrismansyah Rahadi lahir di Jakarta, 16 September 1949 dan meninggal di Jakarta, 30 Maret 2007 pada umur 57 tahun.
Alasan Google Tampilkan Chrisye yang Ulang Tahun ke-70
INi, alasan Google Doodle tam[pilkan Penyanyi Legendaris dan Pencipta Lagu Indonesia Chrisye di halaman utama pencarian Google.
0
Pesan Basuki Hadimuljono untuk Menteri Kabinet Kerja II
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan pesan pada para menteri yang terpilih di Kabinet Kerja jilid II Presiden Joko Widodo.