UNTUK INDONESIA
Kurma Paling populer di Indonesia
Berikut jenis buah kurma yang paling populer di Indonesia yang cocok dikonsumsi selama bulan Ramadan.
Ilustrasi - Kurma. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Buah kurma dalama Bahasa Arab 'Tamr', nama latin Phoenix dactylifera adalah tanaman palma (Arecaceae), identik dengan bulan Ramadan. Diyakini buah asal Timur Tengah ini mampu memulihkan tenaga yang sudah terkuras seharian penuh. Hal ini didukung oleh protein dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Kartika Prima Mayasari dari Universtas Indonesia mengatakan bahwa kurma memiliki manfaat saat dikonsumsi pada malam bulan Ramadan. Mengonsumsi kurma saat puasa akan mencegah penyakit berbahaya, karena kurma mengandung antioksidan polifenol flavonoid yang berfungsi sebagai anti infeksi, antiinflasi, dan antihemoragik.

Manfaat lain adalah kurma dapat melancarkan buang air besar, mampu mendukung pertumbuhan tulang. Sebab dalam kurma terkandung mineral yang berlimpah seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium.

"Mangan digunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan. Tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang," ujar dr Kartika.

Perlu diketahui bahwa buah kurma tidak hanya satu jenis saja. Berikut jenis-jenis buah kurma yang paling populer di Indonesia yang cocok dikonsumsi selama bulan Ramadan yang telah dirangkum Tagar dari berbagai sumber:

1. Kurma Ajwa

Buah kurma asal Madinah ini merupakan kurma yang paling dicari di Indonesia, karena khasiatnya yang diyakini mampu menangkal sihir, sesuai hadis Rasullah Sallalahu 'alaihi wasallam, Hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Saad bin Abi Waqqash bahwa Rasullullah bersabda:

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

"Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir".

Kurma ini dikenali dari warna hitam dan bulat, memiliki ukuran kecil, dan keriputnya muncul sangat jelas.

Tidak hanya itu, tekstur yang cukup lembut, dengan rasa yang tidak terlalu manis sehingga cocok dikonsumsi para penderita diabetes.

2. Kurma Tunisia (Tangkai)

Selain kurma Ajwa, kurma yang berbentuk lonjong dan memiliki tangkai ini dinamakan kurma Tunisia juga menjadi salah satu jenis kurma yang paling dicari di Indonesia

Dengan rasanya yang cukup legit ditambah dengan rasa manis yang tidak terlalu manis membuat orang tidak cepat bosan. Selain itu, kurma ini dijual dengan varian kurma basah dan kering.

3. Kurma Mesir

Kurma Mesir merupakan varian kurma yang paling banyak ditemukan di Indonesia, karena harganya murah dan jumlah pasokannya yang meluap.

Sekilas, kurma ini terlihat mirip dengan kurma Tunisia. Bedanya, teksturnya sedikit lebih keras, keriputnya tampak di seluruh permukaannya dan cenderung basah.

Selain itu, rasa manis dari kurma tersebut diduga hasil manipulasi dengan tambahan larutan gula di permukaan. Buah ini memiliki varian yang paling terkenal, Golden Valley.

4. Kurma Sukari

Kurma ini salah satu yang paling dikenal masyarakat, karena rasanya yang legit. Bahkan, teksturnya yang bulat dan memiliki daging yang lebih banyak dan tebal membuat dia sangat diminati bayak orang.

5. Kurma Muda

Kurma yang memiliki tekstur yang cukup keras seperti apel dan rasanya yang berbeda dari kurma pada umumnya, rasanya asem atau sedikit sepat.

Hal yang paling unik lagi, kurma yang satu ini memiliki beberapa warna seperti kuning, hijau, merah. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Soal Wantimpres, Jokowi Tak Perhatikan Muhammadiyah
Muhammadiyah sebut pengangkatan sejumlah Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menunjukkan pemerintah berpihak kepada konglomerat.