Kurangi Emisi, Elon Musk Gelar Kompetisi Berhadiah US$ 100 Juta

Elon Musk menjanjikan hadiah senilai US$ 100 juta kepada pemenang kompetisi global demi mencari cara menurunkan emisi karbon di bumi.
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, saat berpose bersama anaknya. (Foto: Twitter/ElonMusk)

Jakarta - Pengusaha tajir pimpinan perusahaan otomotif Tesla, Elon Musk, menjanjikan hadiah senilai US$ 100 juta kepada pemenang kompetisi global selama empat tahun yang dapat menemukan cara paling efektif dalam mengurangi emisi karbon dioksida dari atmosfer bumi.

Laman Reuters melaporkan, Elon Musk yang juga adalah pemimpin di perusahaan teknologi roket SpaceX pertama kali mengumumkan hadiah tersebut pada Januari lalu, dan berjanji untuk mengungkapkan detail mengenai kompetisi tersebut. Kini, sang milyarder mulai membuka informasi mengenai ketentuan tersebut.

"Ini bukan kompetisi teoretis; kami ingin tim yang akan membangun sistem nyata yang dapat membuat dampak dan skala yang terukur ke tingkat gigaton," kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan, dikutip Tagar pada Senin, 8 Februari 2021.

Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetisi ini bakal diungkap pada 22 April 2021 mendatang. Rencananya, kompetisi ini akan berlangsung selama empat tahun hingga Hari Bumi tahun 2025, dan diselenggarakan oleh organisasi XPrize.

XPrize sendiri merupakan organisasi nirlaba perancang dan penyelenggara kompetisi publik yang dimaksudkan untuk mendorong perkembangan teknologi demi kepentingan umat manusia.

Elon MuskCEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. (Foto: Twitter/gadgetmanjay)

Nantinya, delapan belas bulan setelah kompetisi, 15 tim teratas akan menerima $ 1 juta sementara sebanyak 25 beasiswa senilai US$ 200 ribu juga akan didistribusikan kepada tim yang bersaing.

Setelahnya, pemenang hadiah utama akan mendapatkan uang senilai US$ 50 juta, sedangkan pemegang tempat kedua akan mendapatkan hadiah US$ 20 juta, serta pemegang posisi ketiga bakal menggondol hadiah senilai US$ 10 juta.

Pihak XPrize mengatakan, untuk memenangkan kompetisi, tim harus membuat dan mendemonstrasikan solusi yang dapat menarik karbon dioksida langsung dari atmosfer atau lautan dan menguncinya secara permanen dengan cara yang ramah lingkungan. []

Berita terkait
Elon Musk Bahas Soal Dogecoin, Kaesang Pangarep Ikut Nimbrung
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, ikut mengomentari tingkah laku Elon Musk yang baru-baru ini gemar membahas Dogecoin.
Didukung Elon Musk, Harga Dogecoin Naik 50 Persen
Mata uang kripto Dogecoin ramai dibicarakan oleh warganet di jagat maya menyusul cuitan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk mencuitkan dukungannya.
Susi Pudjiastuti: Saya Diidentifikasi Kadrunwati
Mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti, mengeluhkan sikap para pendengung (buzzer) di media sosial Twitter yang belakangan menyerangnya.
0
Kemendag Minta Importir Sesuaikan Harga Kedelai
Kementerian Perdagangan meminta para importir untuk menyesuaikan harga kedelai impor agar harganya kembali stabil dan kembali di produksi.