UNTUK INDONESIA
KUR Naik, Airlangga Dorong Koperasi Ikuti Pelatihan
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong anggota koperasi mengikuti pelatihan untuk meningkatkan SDM.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersiap mengikuti ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting ke-18 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis, 31 Oktober 2019. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong anggota koperasi mengikuti pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) seusai perubahan kebijakan ekonomi dalam rangka transformasi perekonomian menuju industri 4.0. 

Salah satu perubahannya yakni kebijakan baru tentang Kredit Usaha Rakyat atau KUR.

"Koperasi bisa mengikutinya. Di situ ada pelatihan, pemerintah sudah membuat fasilitas super dinasinteks di mana koperasi terlibat dalam pelatihan bekerja sama dengan korporasi," ujar Airlangga di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 12 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Dengan ikut serta melakukan pelatihan-pelatihan dalam bentuk upskiling dan framing, kata dia anggota koperasi bisa turut serta menggerakan ekonomi.

"Nah, inilah kesempatan bagi anggota koperasi untuk memanfaatkan fasilitas yang ditingkatkan agar bisa menggerakkan perekonomian Indonesia," tuturnya.

Dalam rapat kabinet, kebijakan baru KUR yang diputuskan mengalami kenaikan. Semula KUR Rp 140 triliun kini naik menjadi 36 persen menjadi Rp 190 triliun.

Kemudian plafon untuk kredit mikro juga mengalami kenaikan. Dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta dengan tingkat suku bunga yang diturunkan dari tujuh persen menjadi enam persen.

Dengan nilai meningkat dibanding sebelumnya kata dia, KUR akan didorong berbasis sektoral.

"Jadi sektor perikanan, sektor kelautan, sektor perdagangan, sektor produktif, dimana tadi diputuskan bahwa KUR ini 60 persen sektor produktif, termasuk pariwisata," ucap Ketua Umum Partai Golkar tersebut. []

Berita terkait
Tips Terhindar Investasi Bodong ala Kampoeng Kurma
PT Kampoeng Kurma diduga telah melakukan investasi bodong dengan menawarkan investasi tanah dan pohon kurma kepada masyarakat.
Tak Kena Resesi Ekonomi, Jokowi Ingatkan Bersyukur
Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia patut bersyukur karena pertumbuhan ekonomi yang stabil dan masih di atas lima persen.
E-Tol Bakal Tersambung Kartu Debit dan Kredit
Pemerintah menyiapkan teknologi untuk pembayaran tol tanpa henti yang memungkinkan pengguna e-money bisa terhubung dengan kartu kredit dan debit
0
Chelsea Vs Lille, Motivasi Tinggi Pemain Muda
Pemain muda Chelsea termotivasi membawa tim lolos ke 16 Besar Liga Champions saat menghadapi Lille, Rabu 11 Desember 2019 dini hari WIB.