Kunjungi Riau, Menteri ATR/BPN Dorong Percepatan PTSL

Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Kamis, 2 September 2021 dengan tujuan mendorong percepatan PTSL.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN) Sofyan A. Djalil. (Foto: Tagar/Dok Kementerian ATR/BPN)

Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Kamis, 2 September 2021, Kali ini ia akan hadir di dua lokasi, yaitu Kota Pekanbaru dan Kota Dumai dalam dalam kerangka peningkatan pelayanan pertanahan dan percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Di Kota Pekanbaru, Menteri ATR/BPN yang didampingi Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Yulia Jaya Nirmawati akan diterima oleh Gubernur Riau, Syamsuar beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau. 

Untuk mengawali kunjungannya nanti, ia akan singgah di Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru untuk menandatangani prasasti dalam acara peresmian Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. 


Sertifikat akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN kepada beberapa perwakilan masyarakat selebihnya akan dilakukan secara virtual.


“Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN sekaligus meninjau pelayanan pertanahan dan bertemu langsung dengan masyarakat,” ujar Kepala Biro Humas, Yulia Jaya Nirmawati melalui keterangan tertulis, Kamis, 2 Agustus 2021. 

Selanjutnya, Menteri ATR/Kepala BPN akan menempuh perjalanan darat menuju Kota Dumai dengan melintasi Tol Pekanbaru-Dumai yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020 lalu. Di sela-sela perjalanannya tersebut, Sofyan A. Djalil yang juga didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau, M. Syahrir dan Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution akan melihat kawasan industri Kota Dumai.

Wali Kota Dumai, H. Paisal rencananya akan menerima kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN di Pendopo Wali Kota Dumai. Kehadirannya di Kota Dumai untuk menghadiri sekaligus menyerahkan sertipikat tanah kepada 20 orang perwakilan masyarakat Provinsi Riau.

Yulia Jaya Nirmawati mengatakan, penyerahan sertipikat dilakukan dalam rangka mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di berbagai daerah. 

Melalui program tersebut, Kementerian ATR/BPN menargetkan sebanyak 126 juta bidang tanah di wilayah Indonesia dapat terdaftar seluruhnya pada tahun 2025. Target PTSL di Provinsi Riau sendiri tercatat sudah terealisasi 100 % untuk Peta Bidang Tanah (PBT) dan 41,49% untuk Surat Hak Atas Tanah (SHAT).

“Sertifikat akan diserahkan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN kepada beberapa perwakilan masyarakat, selebihnya akan dilakukan secara virtual. Hal ini karena memperhatikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai arahan Presiden. Acara penyerahan sertifikat juga akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Selain Kepala Biro Humas, selama kunjungan ke Provinsi Riau, Menteri ATR/Kepala BPN juga akan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol (TUPP), Uunk Din Parunggi.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga (PHAL), Indra Gunawan. Usai menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ini, Menteri ATR/Kepala BPN akan kembali ke Jakarta pada hari yang sama. [] 

Berita terkait
Program Kementerian ATR/BPN Tetap Berjalan dengan Strategi
Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan memaparkan bahwa program agraria masih berjalan.
Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Keterampilan Kelompok UMKM
Dalam rangka mendukung pemberdayaan masyarakat di Minahasa Selatan Kementerian ATR/BPN tingkatkan keterampilan dan kompetensi kelompok UMKM.
Kementerian ATR/BPN Dorong Terwujudnya Pertumbuhan Ekonomi
Kementerian ATR/BPN mendukung terwujudnya transparansi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 mendatang.
0
Kunjungi Riau, Menteri ATR/BPN Dorong Percepatan PTSL
Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau pada Kamis, 2 September 2021 dengan tujuan mendorong percepatan PTSL.