UNTUK INDONESIA
Kuliner Lezat Azerbaijan Tuan Rumah Piala Eropa 2020
Azerbaijan, tuan rumah Piala Eropa 2020, menyimpan segudang kelezatan kuliner.
Dolma, makanan khas Azerbaijan. (Foto: thecookingfoodie.com)

Jakarta - Azerbaijan, tuan rumah Piala Eropa 2020, menyimpan segudang kelezatan kuliner khas yang mampu menggoyangkan perut dan lidah penikmatnya.

Meski negara ini tidak begitu familier, jangan ragu dengan cita rasa sejumlah kuliner di sana yang sudah pasti menggoda selera para wisatawan untuk mencicipinya.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah kuliner khas Azerbaijan.

1. Dolma

Dolma

Dolma, makanan khas Azerbaijan. (Foto: thecookingfoodie.com)

Dolma menjadi makanan khas yang wajib dicicipi kala berkunjung ke kota Baku, Azerbaijan. Hidangan tradisional tersebut berbahan dasar daging cincang yang dicampur dengan nasi yang dibungkus dengan daun anggur.

Rempah-rempah seperti adas, mint, dan kayu manis yang diberikan pada nasi olahan tersebut membuat cita rasanya begitu istimewa. Wisatawan bisa memilih menu dolma ikan atau asam manis sesuai dengan seleranya masing-masing.

Dolma yang dibungkus daun anggur ini bisa ditemukan di musim semi dan dingin. Sedangkan, saat musim panas, dolma umumnya dibungkus menggunakan daun kubis. Namun, ketika musim panas, kuliner tersebut disajikan dalam bungkus terong dan cabai.

2. Plov

PlovPlov, makanan khas Azerbaijan. (Foto: myjewishlearning.com)

Plov menjadi kuliner khas Azerbaijan yang sangat populer dan bisa ditemukan di seluruh wilayah di sana. Hal tersebut lantaran masyarakat lokal di negara itu tidak bisa lepas dari panganan utama, yaitu nasi.

Terdapat 40 resep plov memiliki rasa berbeda di setiap restoran di Azerbaijan. Wisatawan yang mencicipi makanan ini di Baku, belum tentu cita rasanya sama dengan daerah lainnya.

Setiap restoran menyediakan menu plov yang berbeda mulai dari bumbu dan bahan unik lainnya, seperti kurma, daging goreng, atau sayuran. Wisatawan yang berkunjung ke Azerbaijan, memang wajib mencicipi sajian kuliner tersebut karena kelezatannya tidak bisa dibohongi.

3. Piti

PitiPiti, makanan khas Azerbaijan. (Foto: itinari.com)

Piti menjadi salah satu hidangan berkuah yang populer di Azerbaijan. Kuliner khas Negeri Api ini merupakan sup yang berbahan dasar daging dan sayuran segar.

Keunikan piti terdapat pada cara pengolahannya yang tradisional dan  masih menggunakan pot dari tanah liat. Sehingga, tekstur rasa yang diberikan begitu istimewa dan mampu menghangatkan badan.

4. Ovdukh

OvdukhOvdukh olahan sup khas Azerbaijan. (Foto: tasteatlas.com)

Ovdukh merupakan olahan sup khas Azerbaijan yang sangat unik, lantaran disajikan dalam keadaan dingin. Hidangan sup ini terbuat dari campuran air matsoni yang dituangkan di atas irisan mentimun, telur rebus, daging cincang rebus, serta sayuran segar.

Beragam jenis sayuran yang digunakan, seperti daun ketumbar, mint, basil, tarragon, dan masih banyak lainnya. Wisatawan yang berkunjung ke Azerbaijan dianjurkan mencicipi kenikmatan ovdukh.

5. Shekerbura

ShekerburaShekerbura, makanan khas Azerbaijan. (Foto: tasteatlas.com)

Shekerbura ditampilkan sebagai hidangan penutup yang terkenal di Azerbaijan. Makanan berbentuk bulan sabit ini berisi beberapa jenis kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan hazel.

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Azerbaijan tentunya wajib mencicipi shekerbura, terlebih usai mengonsumsi hidangan utama. Sebab, cita rasanya yang unik bisa membuat lidah para penikmatnya bergoyang. []

Baca juga:

Berita terkait
Wisata Menawan Denmark Tuan Rumah Piala Eropa 2020
Denmark sebagai salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020 memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk disambangi, apa saja?
Lima Wisata Kroasia, Pengisi Grup D Piala Eropa 2020
Kroasia negara pengisi grup D di Piala Eropa 2020 menyimpan destinasi wisata menakjubkan, pas dijadikan destinasi berlibur.
Liga Eropa Menentang Rencana Perbesar PiaLa Dunia
Liga-liga Eropa, grup yang memayungi 32 liga dan asosiasi profesional dari 25 negara Eropa, menentang rencana perbesaran tersebut, yang akan menambahi hari dan pertandingan di ajang akbar tersebut.
0
Gerakan Donasi 1.000 Tangan Bantu Dampak Covid-19
Soroptimist Yogyakarta membuat program Donasi 1.000 Tangan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19.