Jakarta, (Tagar 19/3/2019) - Debat ketiga yang mempertemukan cawapres Ma'ruf Amin dan cawapres Sandiaga Uno telah digelar pada 17 Maret 2019. Dari debat ketiga, sejumlah sentimen positif mengalir ke Ma'ruf.

Hasil survei media sosial yang dilakukan PoliticaWave menyebutkan enam segmen debat ketiga lebih dikuasai Ma'ruf dibandingkan Sandi. Musababnya, cawapres pendamping Joko Widodo tersebut mampu menjelaskan masalah dari materi debat ketiga.

"Dapat disimpulkan bahwa KH. Ma'ruf unggul pada semua segmen debat cawapres. Hal ini dikarenakan sosok KH. Ma'ruf yang dianggap mampu menjelaskan semua permasalahan materi debat ditambah pembawaan yang tenang selama acara berlangsung," ujar Head of Analytics PoliticaWave Nadia Shabilla melalui siaran pers yang diterima Tagar News di Jakarta, Selasa (19/3).

Alasan itu selaras dengan hasil percakapan netizen di media sosial yang mengatakan penampilan Ma'ruf lebih unggul dibanding Sandi dalam debat ketiga. Percakapan itu sesaat setelah siaran langsung debat ketiga dimulai di sejumlah stasiun televisi.

"Secara keseluruhan, Pak Ma'ruf Amin mendominasi percakapan netizen di media sosial dengan perbandingan 58,26 persen berbanding 41,74 persen dari Sandiaga Uno," tambahnya.

Dalam analisa PoliticaWave, sentimen komentar positif dan negatif di media sosial terkait Ma'ruf dan Sandiaga ketika beradu argumen turut ditarik sebagai data.

Hasilnya, PoliticaWave memaparkan sentimen komentar positif untuk Ma'ruf sebesar 98 persen dengan sentimen negatif sebesar 2 persen. Sementara Sandiaga mendapatkan sentimen positif 79 persen berbanding 21 persen.

Baca juga: Survei Roy Morgan dari Australia, Jokowi Akan Menang Pilpres 2019