UNTUK INDONESIA
Kronologi Kebakaran di SMAN 1 Pangkah Tegal
Kebakaran melanda SMAN 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Dari mana asal muasal api?
Petugas pemadam kebakaran memadamkan sisa api yang telah meludeskan 4 ruangan dan pendopo SMAN 1 Pangkah, Kabupaten Tegal, Kamis pagi, 27 Februari 2020. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Kebakaran melanda Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Kamis pagi, 27 Februari 2020. Akibatnya, sejumlah ruangan ludes terbakar dan aktivitas siswa diliburkan.

‎Kebakaran pertama kali diketahui saat petugas kebersihan sekolah, Adi Arif, 31 tahun, Ia yang sedang tidur di dapur mendengar suara percikan api sekitar pukul‎ 05.30 WIB. Saat dilihat, kobaran api sudah membakar ruangan penyimpanan arsip.

Pertama yang terbakar ruang arsip. Api langsung membesar karena isinya berkas-berkas.

Bersama penjaga sekolah, Iwantoro, 46 tahun, Adi kemudian berusaha memadamkan api. Namun si jago merah dengan cepat membesar dan menjalar ke ruangan lain. Keduanya kemudian meminta pertolongan warga dan menghubungi petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Tegal.

"Sekolah masih sepi, belum ada guru dan siswa yang berangkat, jadi saya langsung minta tolong warga. Tapi api cepat membesar. Pertama yang terbakar ruang arsip. Api langsung membesar karena isinya berkas-berkas," kata Iwantoro.

‎Sekitar pukul 06.00 WIB, dua unit kendaraan pemadam api tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya lokalisir. Setelah berjibaku selama sekitar satu jam, petugas berhasil memadamkan kobaran api. Namun demikian, empat ruangan beserta isinya sudah ludes terbakar.

‎Akibat kejadian tersebut, kegiatan belajar mengajar sekolah terpaksa diliburkan. Guru dan siswa yang datang ke sekolah lebih banyak beraktivitas untuk melakukan pembersihan, mengumpulkan barang, buku, dan berkas-berkas yang masih bisa diselamatkan.

Wakil Kepala SMAN 1 Pangkah Ewi Pristianti Sahara mengatakan ruangan yang terbakar yakni ruang penyimpangan arsip, guru, ruang kepala sekolah, dan tata usaha. Selain itu, pendopo sekolah juga ikut hangus terbakar. "Berkas-berkas dan dokumen yang ada di emoat ruangan turut terbakar," kata Ewi.

Menurut Ewi, rencananya Kamis pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, sekolah akan menggelar pembukaan acara peringatan hari jadi sekolah. "Tapi karena terjadi musibah kebakaran ini, semua kegiatan sekolah dihentikan," tuturnya. 

Sementara itu, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran. Setelah api dipadamkan, garis polisi tampak dipasang di ruangan yang terbakar. Sejumlah petugas Inafis Polres Tegal juga melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mengetahui penyebab kebakaran. []

Baca juga:

Berita terkait
‎Malam Tahun Baru, Kebakaran dan Banjir Kepung Tegal
Menuju pergantian tahun 2019 ke 2020 sejumlah wilayah di Tegal terendam banjir dan terjadi kebakaran.
Ini Penyebab Kebakaran Kantor Kecamatan Tarub Tegal
Polisi tidak menemukan indikasi kesengajaan di kebakaran Kantor Kecamatan Tarub, Tegal. Api diduga dari korsleting colokan dan kabel yang serabut.
Kemarau, Hutan di Tegal dan Brebes Rawan Kebakaran
Puluhan ribu hektare hutan di Kabupaten Tegal dan Brebes rawan kebakaran selama musim kemarau.
0
Persik Kediri Tak Jemawa Lawan Bhayangkara FC
Persik Kediri menjamu Bhayangkara FC di Shoppe Liga 2020 di Kediri, Jumat, 6 Maret 2020. Ini kali pertama Persik jadi tuan rumah sejak promosi.