UNTUK INDONESIA
Kronologi Isu Pesugihan Ruben Onsu
Pernyataan Roy Kiyoshi yang membeberkan isu persugihan yang dilakukan berinisial R. Ruben Onsu lapor ke polisi.
Ruben Onsu. (Foto: Instagram Ruben Onsu).

Jakarta - Pernyataan Roy Kiyoshi yang membeberkan isu pesugihan yang dilakukan berinisial R berbuntut panjang usai seorang pengguna YouTube Hikmah Kehidupan menunjuk langsung sosok yang dimaksud Roy adalah Ruben Onsu.

Meski belakangan Roy Kiyoshi menampik spekulasi tersebut, Ruben sudah kadung melaporkan perkara itu ke polisi.

Isu itu bermula saat sebuah video diunggah melalui akun Youtube Robby Purba. Dalam video yang dibagikan pada Kamis, 31 Oktober 2019 lalu, menghadirkan Roy Kiyoshi yang merupakan tokoh indigo sebagai pembicara.

Dalam video yang berdurasi 30 menit 38 detik itu, Roy Kiyoshi membeberkan lima ciri-ciri sebuah warung makan atau restoran yang menggunakan jasa pesugihan untuk melariskan dagangannya.

Selain itu, Roy juga mengungkap satu inisial R sebagai nama sosok pengguna jasa pesugihan atau penglaris usaha kulinernya.

Roy KiyoshiRoy Kiyoshi tampil dalam program YouTube milik Robby Purba. (Foto: YouTube)

Permasalahan terjadi saat salah seorang pengguna YouTube dengan akun Hikmah Kehidupan salah arti dan menuding secara gamblang pemilik usaha restoran yang dimaksud Roy adalah Ruben Onsu.

Selain itu, ada juga warganet yang meninggalkan komentar yang mengatakan bahwa inisial yang ditujukan Roy adalah untuk Ruben.

"Secara tidak langsung ini menuduh Koh Ruben Onsu dan Roket Chiken," kata pengguna akun YouTube Muhammad Ishom.

Melihat hal itu, komentar warganet banjiri unggahan itu dengan terang-terangan menyebutkan menuduh balik Roy yang menggunakan persugihan.

"Setannya yang rambutnya putih. Inisial R. OOOO saya tau, Roy Kiyoshi kan yang pakai sugihan dia kan, tau-tau tentang begituan, kalo Ruben tidak mungkinlah," ujar @irfandirfand irfand.

Tak hanya itu, warganet juga tak segan-segan mengatakan bahwa konten video yang tengah viral itu tidak berfaedah. Karena lebih terlihat rasa sirik.

"Kontennya enggak bermanfaat. Tolong dong kalau buat konten itu bisa jadi motivasi. Enggak usah ngomongin usaha orang. urus usaha sendiri tanpa menjelekkan milik orang lain. Uhhhh unfaedahhhh," timpal akun @Bethsyeba Nathasya.

"Apa manfaat dari konten ini? Sehingga menjatuhkan nama baik orang lain. hati-hati lidah tak bertulang," ucap akun @evril April.

Jadi Kasus Hukum

Isu yang bergulir kencang ini membuat adik Ruben Onsu, yakni Jordi Onsu marah besar. Ia kemudian melaporkan akun YouTube yang dianggap telah melakukan fitnah.

"Ini dampaknya bakal dalam banget. Saya yang tahu karyawan, loh kamu ini bilang ada pesugihan ditulis namanya jelas, jadi ini ngarang, bukan berita sebenarnya," kata Jordi Onsu di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 11 November 2019 lalu.

Sementara kuasa hukum Ruben Onsu dan Jordi Onsu, Minola Sebayang memastikan kasus ini telah menjadi urusan pihak kepolisian setelah pihaknya melapor.

Perkara ini terdaftar dengan nomor LP/7253/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus dan menjerat satu akun YouTube dengan Pasal 27 Ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

"Kami melapor satu akun digital yang sudah memberikan berita bohong, yang isinya fitnah dan pencemaran nama baik," kata Minola.

Klarifikasi Roy Kiyoshi

Belakangan, dengan didampingi penguasa hukumnya, Roy Kiyoshi mengklarifikasi bahwa insial R yang dia maksud bukanlah Ruben Onsu. Dia sangat menyayangkan tuduhan warganet tersebut.

Sebab kata Roy, dia dan Ruben Onsu punya hubungan baik sebagai rekan selebritis, bahkan Roy menyebut suami dari Sarwendah itu sudah seperti kakaknya.

"Aku dan Ruben itu seperti kakak beradik. Kokoh dan Dede kalau panggilannya. Enggak ada sama sekali aku menyatakan dalam video tersebut itu Ruben Onsu,” ucap Roy Kiyoshi.

Baca juga: Eyang Subur Mantap Berkarya di Kanal YouTube

Sehingga ia meluruskan bahwa isu pesugihan yang dituduhkan kepada bisnis kuliner milik Ruben Onsu itu tidak benar.

“Jadi sebenarnya aku pengin ngelurusin bahwa belakang ini ada berita hoaks tentang aku, menyatakan bahwa restoran Koh Ruben itu ada pesugihannya dan itu berita tidak benar dan bukan saya yang membuat konten dan itu yang perlu ditegaskan sekali lagi," ucap Roy. []

Berita terkait
Betrand Peto Dibully, Ruben Onsu Lapor Polisi
Presenter Ruben Onsu melaporkan sejumlah akun media sosial ke polisi lantaran membully Betrand Peto dengan editan gambar binatang.
Ruben Onsu Sambangi Sekolah Lama Betrand Peto di NTT
Ruben Onsu dan Sarwendah memboyong anak angkat mereka, Betrand Peto ke sekolah asalnya di SMPN 1 Cancar
Ruben Onsu Bawa Betrand Peto Pulang Kampung, NTT Geger
Warga Desa Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) geger menyambut kedatangan Ruben Onsu dan Sarwendah membawa Betrand Peto pulang kampung.
0
Jika Terlibat Bentrok, Mahasiswa UNM Kena Sanksi
Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku bagi mahasiswa yang terlibat Demo bentrok.