UNTUK INDONESIA
Kronologi Dua Warga Sulsel Terjangkit Virus Corona
Dua warga Sulawesi Selatan dinyatakan positif terjangkit virus corona, yakni pasien 309 dan 557
Ilustrasi - virus corona (Foto: istockphoto)

Makassar - Dua warga Sulawesi Selatan dinyatakan positif terjangkit virus corona, yakni pasien 309 dan 557 berdasarkan hasil pemeriksaan medis yang diterima pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 24 Maret 2020.

Namun, pasien nomor 309 saat ini dalam kondisi membaik sehingga dirinya hanya dianjurkan untuk mengisolasi diri di rumahnya. Sementara, pasien nomor 557 menjalani perawatan intensif di ruangan isolasi RS Andi Makkasau, Pare-pare, Sulawesi Selatan.

Pasien 309 ini sudah diperiksa sweb dan dinyatakan positif, lalu dirujuk ke Makassar atas prosedur yang telah ditetapkan kementerian.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari menjelaskan, bahwa pasien 309 sebelumnya telah dirawat di Jakarta dan telah diperiksa swep. Kemudian dirujuk ke Makassar pada tanggal 20 Maret 2020.

“Pasien 309 ini sudah diperiksa sweb dan dinyatakan positif, lalu dirujuk ke Makassar atas prosedur yang telah ditetapkan kementerian,” kata Kadis Kesehatan Sulsel saat memberikan keterangan resminya, Selasa 24 Maret 2020.

Pasien ini kata Ichsan dirujut karena tidak ada gejala Covid-19 dan memang yang bersangkutan tinggal di Makassar sehingga disarankan untuk sementara mengisolasi diri di rumahnya.

“Keadaan pasien saat ini semakin sehat. Makanya disarankan untuk mengisolasi mandiri di rumahnya,” ujarnya.

Sedangkan, untuk pasien 557 terang Kadis Kesehatan Sulsel bahwa sebelumnya pernah melaksanakan ibadah umrah dari tanggal 24 Februari hingga 8 Maret. Namun, setelah pulang pasien langsung mengalami demam dan batuk.

“Dia ini pulang umrah kemudian setelah pulang dirinya mengalami demam dan batuk, lalu tanggal 16 Maret pasien 557 ini kemudian dirawat di rumah sakit di Parepare,” ungkapnya.

Namun, karena kondisi pasien saat itu memburuk, kata Ichsan sehingga pada tanggal 17 Maret di rujuk ke RSUD Andi Makkasau Parepare. Karena kewalahan dengan batuk, demam dan gejala sakit kepalanya.

“Setelah dirujuk ke RS Andi Makkasau lalu pasien 557 ini diambil sampelnya. Kondisi saat ini pasien 557 dalam keadaan baik,” bebernya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan merilis perkembangan terbaru penyebaran virus Corona di Sulsel. Dimana saat ini, empat orang dinyatakan positif terjangkit virus Corona, satu pasien meninggal dunia dan dua orang pasien dalam ruangan isolasi rumah sakit dan satu orang isolasi diri di rumahnya.

Sementara, untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 149 orang dan kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 54 orang. []

Berita terkait
Lawan Corona, Pemkot Makassar Siapkan Rp 30 Miliar
Pemerintah Kota Makassar telah menyiapkan anggaran tanggap bencana Covid-19 sebesar Rp 30 miliar yang bersumber dari dana cadangan Pemkot Makassar.
Mahasiswa FTI UMI Makassar Semprot Rumah Ibadah
Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Fakultas Teknologi Industri semprot rumah ibadah dengan disinfektan.
Pasien PDP Corona di Makassar Meninggal
Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 atau corona di Kota Makassar, Sulsel, meninggal dunia.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya