UNTUK INDONESIA
Kronologi Debat Jhon De Rantau Vs Shandy Aulia
Jhon De Rantau: Wajar Shandy Aulia Dibully.
Aktris Shandy Aulia kerap memamerkan kemesraan dengan sang suami, David Herbowo di akun media sosial Instagram miliknya. (Foto: Instagram/@sandyaulia)

Jakarta - Aktris cantik Shandy Aulia dibully sejumlah warganet lantaran mengunggah foto diri mengenakan pakaian krem seperti bikini yang nyaris transparan. Kritik tak hanya muncul dari netizen, sutradara Jhon De Rantau juga turut berkomentar pedas.

Beragam komentar warganet membanjiri kolom komentar foto bergambar Shandy yang memperlihatkan lekuk tubuh pemain film layar lebar Eiffel i'm in Love itu.

"Saya sih merasa ini kurang sopan. Sekalipun ini bagian dari pekerjaan, tapi setau saya anak-anak Kristen itu harus menjaga dirinya agar jangan batu sandungan," tulis akun @pebri_collection.

Bahkan, pengguna akun @gegedraa_ tidak segan-segan menyalahkan suami Shandy mengizinkannya untuk berpose seperti itu.

"Suami yang baik engga akan mengizinkan istri untuk memperlihatkan foto seperti ini, mon maapin ini cuma pikiran saya ya. Karena saya udah berumah tangga," tulis @gegedraa_.

Banyaknya komentar miring terhadap foto yang diunggahnya pada 7 September 2019 itu, membuat Shandy Aulia mematikan fitur komentar di akun Instagram miliknya.

Shandy AuliaAktris Shandy Aulia berpose dalam unggahan media sosial Instagram miliknya. (Foto: Instagram/ShandyAulia)

Penampilan seksi Shandy tidak hanya mendapat komentar pedas di jagat maya saja. Sutradara Jhon De Rantau turut melontarkan kritik tajam kepada perempuan yang lahir di Jakarta pada 23 Juni 1987 itu.

Komentar menohok disampaikan Jhon secara langsung kepada Shandy, saat menjadi panelis di acara Q&A yang tayang di stasiun televisi Metro TV pada Senin, 16 September 2019 lalu.

"Saat kita menyadari kita sebagai public figure, maka banyak hal yang perlu diduga. Ada yang kamu mungkin lakukan dengan ketidaksadaran. Apa menurut orang diluar biasa, tapi didalam negara ini lingkungan akan menghakimi kamu dengan nilai dan moral. Itu yang kadang-kadang kamu tidak sadar," kata Jhon dalam acara tersebut.

Bagi Jhon, bully yang diterima alumni Universitas Pelita Harapan itu wajar, karena ia secara tidak sadar menunjukkan auratnya kepada seluruh pria di nusantara ini.

"Saya pernah lihat kamu dengan pakaian yang sangat tipis yang memperlihatkan seluruh bentuk, lekuk dan aurat kamu.

Jhon De Rantau dan Shandy AuliaJhon De Rantau dan Shandy Aulia saling beradu argumen di program QNA MetroTv. (Foto: YouTube/QNA)

Maaf, seluruh laki-laki Nusantara kayaknya menginginkan kamu. Itu yang tidak kamu sadari.

Kemudian bully-an datang dan ada kata-kata yang tidak senonoh, kamu tidak bisa salahkan karena kamu yang mengundang itu karena kamu seorang public figure," ujarnya.

Namun, Shandy yang hadir bersamanya dalam acara tersebut sebagai narasumber, mematahkan pendapat Jhon De Rantau itu dengan mengatakan penilaian soal baik buruk itu tergantung pola pikir orang tersebut.

"Menurut saya cara berpakaian seseorang itu tergantung pandangan masing-masing.

Ya memang culture kita Asia, saya understand, budaya kita ketimuran. Terkadang apa pola pikir yang tidak menurut kita ideal pasti akan crash.

Jadi saya gak bisa paksakan orang untuk menjaga pikirannya. Tapi buat saya, seorang perempuan mau berpakaian tertutup atau terbuka, itu tergantung mulai dari pikiran sih.

Kita mau tertutup gimanapun kalau it's dirty mind ya udah dirty saja," ucap Shandy menanggapi pernyataan Jhon tersebut.

Dalam kritiknya, Jhon kemudian membandingkan Shandy dengan aktris luar negeri Demi Moore, yang sempat juga mengunggah foto seksi saat hamil.

Shandy AuliaShandy Aulia kerap berpose cantik dan seksi di media sosial miliknya. (Foto: Instagram/shandyaulia)

Menurut dia, hal itu menjadi wajar karena budaya. Namun, tidak wajar jika dilakukan di Indonesia. Menanggapi itu, Shandy pun melontarkan argumen yang tak kalah sengit.

"Tapi bener juga, 'it's a culture. Jadi, begitu saya posting foto maternity yang pake pressbody langsung ada pemikiran-pemikiran, asumsi yang perkataan kotor dan lain-lain.

Kalau buat saya cara berpakaian it's a personal. Selama saya mengetahui apa yang saya lakukan, it's concept. Dan seksi itu tergantung ya, dengan kita kelihatan rambut aja, untuk orang Indonesia, auratnya sudah terlihat," ujar Shandy lagi.

Perempuan 32 tahun itu juga menyinggung soal berpakaian bikini dipantai yang menjadi permasalahan besar ditanah air.

Baca juga: Lanjutan Perseteruan Livi Zheng-Joko Anwar

"Kalau tata krama hanya diukur dengan apa yang kita pakai, maka di Eropa, Amerika di negara-negara lain, wanita berbikini it's a normal, ke pantai ya berbikini.

Tapi kalau kita, ke pantai pakai bikini saja itu sudah bisa jadi problem. Jadi pake apa dong, kebaya? Kan gak mungkin. Jadi berpakaian itu bukan hanya sekedar budaya, tapi hal personal.

Sekarang, gimana cara kita untuk ubah mindset kita untuk kita bisa saling respect each other. As long kita tidak memposting sesuatu yang pornografi, seks," kata Shandy. []



Berita terkait
Shandy Aulia Hamil, Potret Kemesraan Bersama Suami
Shandy Aulia hamil setelah 7 tahun lebih nikah. Aktris cantik itu kerap pamer kemesraan bersama suami.
Shandy Aulia Hamil Setelah 7 Tahun Nikah, Netizen Geger
Aktris Shandy Aulia hamil setelah lebih dari tujuh tahun menikah. Berita gembira tersebut membuat geger netizen.
Kronologi Klaim Film Livi Zheng Didebat Joko Anwar
Sutradara Livi Zheng menjadi pembahasan warganet, hingga dapat kritik keras dari Joko Anwar lantaran klaim filmnya berhasil menembus Hollywood.
0
25 Bal Ganja Aceh, Gagal Beredar di Palembang
Satuan Reserse Narkoba Polres Langkat berhasil menggagalkan peredaran 25 bal ganja asal Aceh ke Palembang.