UNTUK INDONESIA
KPU Tagih Rekening Kampanye 3 Paslon Bupati Pesisir Selatan
Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan diminta menyerahkan rekening dana kampanye ke KPUD.
Ilustrasi Pilkada. (Foto: Tagar/Istimewa)

Pesisir Selatan - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, meminta pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati membuat rekening kampanye dan diserahkan ke KPUD setempat.

Silakan masing-masing kandidat memilih bank mana yang disuka. Untuk pengurusan, nanti kami akan berikan rekomendasi.

Hal itu dibenarkan Ketua KPUD Pessel Epaldi Bahar. Menurutnya, rekening kampanye diserahkan paling lambat tanggal 23 September atau tepat di hari pengumuman calon peserta Pilkada.

Soal rekening ini, KPUD menetapkan 3 bank yang akan dijadikan rekening kampanye. Masing-masing, BRI, BNI dan Bank Nagari.

"Silakan masing-masing kandidat memilih bank mana yang disuka. Untuk pengurusan, nanti kami akan berikan rekomendasi," katanya usai penyerahan SK pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Pessel di Painan, Rabu, 23 September 2020.

Penyerahan SK dihadiri masing-masing tim penghubung (LO) pasangan calon. Juga dihadiri Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, perwakilan Kodim 0311 Pessel, perwakilan Kejari Painan. Kemudian, Ketua Bawaslu Pessel Erman Wadison dan stakeholder lainnya.

Sedangkan untuk pelaporan dana kampanye, kata Epal, masing-masing kandidat diharuskan memberikan laporan awal tanggal 25 September 2020. Secara keseluruhan, pelaporan besaran dana kampanye Pilkada dilakukan dalam 3 tahapan dan terakhir pada hari pertama masa tenang.

"Selanjutnya akan dilakukan audit secara keseluruhan melalui akuntan publik, mulai dari jumlah, sumber dan realisasi," katanya.

Untuk spesimen rekening masing-masing kandidat, bisa diteken langsung kandidat. Perwakilan partai politik pengusung pasangan calon atau perwakilan yang ditunjuk pasangan calon atau partai politik pengusung, dengan memberikan surat kuasa. []


Berita terkait
KPU Pessel Periksa Berkas Semua Calon Kepala Daerah
KPUD Pesisir Selatan masih meneliti keabsahan berkas para calon peserta Pilkada 2020.
Pessel Usul 3 Ribu Guru Honorer Terima Subsidi
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengusulkan sebanyak 3 ribu guru honorer untuk mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah pusat.
Semua Babinsa di Pessel Wajib Patuhi Prokes
Semua Babinsa di Kabupaten Pesisir Selatan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.
0
Debut Jadi Penyanyi, Syifa Hadju Rilis Lagu Setia Atau Bodoh
Bintang sinetron Syifa Hadju, menjajaki karier barunya di dunia terik suara dengan meluncurkan lagu berjudul Setia atau Bodoh.