UNTUK INDONESIA
Korban Perkosaan Reynhard Sinaga Alami Trauma Ganda
Korban pemerkosaan Reynhard Sinaga mengalami trauma ganda akibat kejahatan seksual yang menimpanya.
Reynhard Sinaga. (Foto: Facebook/Reynhard Sinaga)

Jakarta - Reynhard Sinaga, pria kelahiran Jambi yang kuliah di Inggris melakukan pemerkosaan terhadap 190 pria di Inggris. Konselor kekerasan seksual di Inggris, Lisa Waters mengatakan beberapa korban mengalami trauma ganda.

"Beberapa orang marah, beberapa merasa tertekan dan beberapa hanya tidak ingin mendengar hal lain dan, pada dasarnya, meminta kami untuk pergi," kata Lisa dikutip dari BBC, Jumat, 10 Januari 2020.

Lisa juga mengatakan bahwa korban mengalami dua set insiden traumatis, yang pertama adalah ketika korban mengetahui apa yang terjadi pada diri mereka dan yang kedua adalah ketika para korban merasakan trauma dari serangan seksual yang mereka terima.

Artinya, yang bersangkutan mengalami trauma yang sangat berat, dan bukan cuma satu.


"Tidak satu pun dari orang-orang ini bereaksi dengan cara yang sama. Kami harus menyampaikan berita dengan sangat lembut. Kami tidak tahu apa-apa tentang orang-orang ini, kami tidak tahu apakah mereka memiliki riwayat gangguan psikologis atau pernah diserang sebelumnya," ungkap Lisa.

Lisa beserta timnya turut senang ketika bisa memberikan dukungan untuk para korban yang sejatinya akan mengalami trauma yang begitu berat, walaupun terbilang prosesnya akan sangat sulit pada setiap pribadi yang mengalami kekerasan seksual ini.

"Perkosaan dan penyerangan seksual adalah kejahatan yang sangat terisolasi, sulit untuk diproses dan dipahami. Hanya berbicara kepada seseorang dan mengetahui bahwa sebenarnya kamu berperilaku normal akan bermanfaat bagi banyak orang. Ini sangat menantang dan juga merupakan tanggung jawab besar untuk memastikan orang baik-baik saja," ucapnya.

Senada dengan itu, psikolog kenamaan Indonesia, Ratih Ibrahim mengatakan bahwa kasus pemerkosaan merupakan kejahatan yang sangat keji, sehingga trauma yang dialami oleh korban pemerkosaan sangat mengerikan.

"Pemerkosaan itu kejahatan yang sangat keji, korban akan dihantui oleh trauma sepanjang hidupnya meskipun sudah menjalani psikoterapi," kata Ratih kepada Tagar, Jumat, 10 Januari 2020.

Ratih juga menjelaskan maksud dari trauma ganda atau yang biasa disebut multiple trauma. "Artinya, yang bersangkutan mengalami trauma yang sangat berat, dan bukan cuma satu. Semisal trauma terhadap pemerkosaan, trauma terhadap pergi keluar rumah, trauma terhadap bertemu orang-orang, dan seterusnya. Hidupnya jadi hancur, dihantui teror yang horor, intens, untuk waktu yang panjang," kata Ratih.

Pun demikian, korban yang mengalami trauma ganda masih dapat disembuhkan dengan serangkaian sesi konseling, walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. 

"Kita harus selalu positif dan optimistik. Maka, meskipun sangat sulit, dan butuh waktu sangat lama, dengan serangkaian sesi-sesi konseling dan terapi-terapi yang panjang, intens, dan sangat mahal, mudah-mudahan bisa sembuh," ujar Ratih.

Sebelumnya, Reynhard Sinaga melakukan perbuatan melanggar hukum dengan memperkosa 190 pria di Inggris. Kasus itu terdiri dari tindakan perkosaan sebanyak 159 kasus dan serangan seksual terhadap 48 korban pria selama rentang waktu dua setengah tahun dari 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017.

Mabs Hussain, pejabat dari unit kejahatan khusus, Kepolisian Manchester Raya mengatakan tindakan bejat yang dilakukan Reynhard merupakan kasus pemerkosaan terbesar dalam sejarah hukum di Inggris. Kemudian, Reynhard Sinaga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh pengadilan Manchester, dengan catatan tidak ada pembebasan bersyarat untuk setidaknya 30 tahun. []

Berita terkait
Ayah Reynhard Sinaga Terima Hukuman Anaknya
Ayahanda Reynhard Sinaga, Saibun Sinaga mengatakan menerima vonis hukuman seumur hidup atas perbuatan yang keji tersebut.
Profil Keluarga Reynhard Sinaga Pemerkosa 190 Pria
Reynhard Sinaga pria asal Jambi yang berkuliah di Inggris dijerat kasus pemerkosaan terhadap 190 pria Inggris. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup.
Pemerkosa 190 Pria Reynhard Sinaga Cerdas dan Santun
Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan 190 pria di Inggris, saat SMP dikenal pelajar cerdas dan santun. Berikut penuturan gurunya.
0
Khasiat Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Pencernaan
Lemon memiliki beberapa khasiat baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan. Berikut Tagar ulas.