UNTUK INDONESIA
Kopi Lahat dan Duku Komering Jajaki Pasar Kroasia
Dubes RI untuk Kroasia bersemangat untuk mempromosikan kopi Lahat dan duku Komering, Sumatera Selatan di Kroasia.
Gubernur Sumsel Herman Deru saat bercengkrama dengan Dubes RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Palembang - Duta Besar (Dubes) RI untuk Kroasia Sjachroedin ZP sangat bersemangat untuk mempromosikan kopi Lahat dan duku Komering, Sumatera Timur ke negara Kroasia.

Terungkap dalam pertemuannya selama kurang satu setengah jam bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Griya Agung, Selasa 3 Desember 2019.

Dalam pertemuan, Dubes Kroasia yang juga orang asli Sumatera Selatan itu menyampaikan peluang-peluang ekspor komoditi unggulan ke negara Kroasia.

"Orang sana (Kroasia) hobi ngopi. Kenapa tidak kita kenalkan kopi Lahat Sumsel atau hasil pertanian seperti duku Komering yang sudah terkenal bisa kita hubungkan ke perdagangan di sana. Ini kesempatan Sumsel untuk mempromosikan diri ke Eropa Timur," terang Sjachroedin.

Sebagai orang yang pernah lama bertugas di Sumatera Selatan, dia ingin memperkenalkan potensi-potensi di Bumi Sriwijaya.

Ini harus ditindaklanjuti termasuk mulai memikirkan bagaimana cara pengiriman

"Sumsel ini adalah bagian tak terpisahkan dari hidup saya. Bahkan sepertiga hidup saya ada di Sumsel. Makanya saya tidak akan pernah lupa dengan Sumsel dan ingin memperkenalkannya ke Eropa Timur," jelas Sjachroedin.

Kroasia merupakan bagian dari Eropa Timur menurutnya sangat tepat menjadi tempat promosi, karena belum seramai di kawasan Eropa Barat. Sehingga jika benar-benar serius mempromosikan diri, tak mustahil Sumatera Selatan akan lebih cepat dikenal.

"Penduduk Kroasia ini cuma 4,5 juta jiwa. Tapi wisatawannya mencapai 18 juta orang per tahun. Nah, kesempatan ini harus kita manfaatkan. Kalau selama ini batik Jawa kan sudah sering, sekarang giliran kain-kain Palembang juga. Seperti jumputan kan belum banyak yang tahu, terus lekker ini juga bagus," paparnya.

Gubernur Herman Deru mengaku ide yang disampaikan Dubes untuk Kroasia tak boleh disia-siakan. Karena itu, dia meminta semua OPD terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Perdagangan memanfaatkan betul kesempatan yang diberikan Dubes tersebut.

"Tadi Pak Sjachroedin ZP menginformasikan masyarakat di sana sangat suka kopi. Kita bisa tawarkan Kopi Lahat dan buah duku. Ini harus ditindaklanjuti termasuk mulai memikirkan bagaimana cara pengiriman buah duku agar tidak rusak di jalan. Nanti pas kita promosi ke sana ini harus jadi prioritas," jelasnya.[]

Berita terkait
Empat Kabupaten di Sumatera Selatan Rawan Longsor
Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Empat Lawang, Pagar Alam, dan Lahat. Termasuk daerah lawan longsor saat musim hujan tiba.
Balap Slalom Gymkhana Musi Banyuasin Sumsel Gratis
Persiapan Muba Asia Auto Gymkhana Cup 2019 di Sirkuit Skyland, Musi Banyuasin, Sumsel, sudah rampung. Pemkab setempat menggratiskan balapan itu.
Dampak Karhutla Nilai Ekspor Sumsel Turun
Ekspor di Sumatera Selatan pada tiga bulan terakhir terus mengalami penurunan, hal tersebut diakibatkan kebakaran hutan dan lahan.
0
Mandor Penikam Buruh Bangunan di Makassar Ditangkap
Pelaku penikaman terhadap pemuda 19 tahun yang merupakan buruh bangunan di kota Makassar ditangkap