Komnas HAM Laporkan Kasus Intoleransi ke Jokowi

etua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik membenarkan ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi, adukan intoleransi.
Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik membenarkan ke Istana Negara bertemu Presiden Jokowi, adukan kasus intoleransi. (Foto: dok.Tagar).

Jakarta - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik membenarkan bahwa pihaknya bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, khusus untuk membahas berbagai hal terkait hak asasi manusia. 

Dia mengungkapkan, selain membahas tentang Hari HAM Internasional yang akan jatuh pada 10 Desember 2020, Komnas HAM juga membahas soal tren intoleransi. 

Intinya presiden menyambut baik.

"Tadi kami juga mendiskusikan soal tren intoleransi, misalnya terkait dengan gangguan-gangguan terhadap sekelompok masyarakat yang melakukan ibadah ataupun yang akan membangun rumah ibadah," ujar Ahmad Taufan dalam konferensi pers, seusai bertemu Presiden Jokowi di Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Baca juga: Kegagapan Jokowi dan Pembiaran Kerumunan Massa Rizieq Shihab

Taufan mengemukakan, Komnas HAM mengusulkan adanya suatu pengaturan yang lebih adil berbasis kepada kebebasan dari setiap warga negara untuk mengekspresikan agamanya masing-masing. 

"Karena itu butuh suatu revisi terhadap peraturan bersama menteri yang sudah ada," ucapnya. 

Kata Taufan, pihaknya menginginkan adanya suatu pengaturan yang lebih tinggi terkait hal tersebut. Sehingga, Komnas HAM mengusulkan adanya Peraturan Presiden atau Perpres. 

Baca juga: Jokowi: RCEP Harapan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

"Itu akan didiskusikan di internal pemerintah dan intinya presiden menyambut baik," ujarnya. 

Taufan juga mengharapkan, usulan Komnas HAM ini akan menjadi jalan keluar untuk pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan intoleransi beserta gangguan-gangguan terhadap kemerdekaan orang dalam beribadah. []

Berita terkait
Denny Siregar Ungkap Langkah Jokowi Hadapi Musuhnya
Menurut Denny Siregar , kita tidak bisa memaksa Jokowi dengan segera memberantas kelompok-kelompok yang ingin menjatuhkan pemerintahan yang sah.
Luhut Diutus Jokowi ke AS Promosikan Cipta Kerja ke Tesla
Presiden Jokowi mengatakan, tim tingkat tinggi akan diutus minggu depan untuk mempromosikan Undang-undang Cipta Kerja.
Jokowi Optimis Transformasi Digital UMKM Akan Geliatkan Ekonomi
Jokowi berkeyakinan percepatan transformasi digital UMKM mampu mendorong bangkitnya roda perekonomian kawasan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.