UNTUK INDONESIA
Komisi VIII DPR RI Apresiasi Penanganan Covid-19 Kota Serang
Komisi VIII DPR RI mengapresiasi kinerja penanganan Covid-19 di Kota Serang yang dilakukan oleh para kepala daerah.
Wali Kota Serang Syafrudin saat menerima kunjungan Komisi VIII DPR RI di KP3B, Selasa, 30 Juni 2020 (Foto: Tagar/Jumri)

Serang - Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Serang, Banten untuk mengusulkan bantuan honor kepada petugas pendataan calon penerima jaring pengaman sosial (JPS), Selasa, 30 Juni 2020.

Kalau bantuannya, saya kira sudah bagus.

"Saya sangat mengapresiasi penanganan pencegahan Covid-19 di Kota Serang dan Banten yang dilakukan oleh para kepala daerah. Kita juga menerima usulkan agar petugas yang mendata penerima bantuan  sosial mendapatkan honor sehingga bisa serius bekerja," ucap Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi PAN Yandi Susanto kepada Tagar, Selasa, 30 Juni 2020.

Yandi mengatakan, nantinya pemprov dan pemda tidak gagap dalam pendataan. Menurut dia, validasi data penerima bantuan dan verifikasi harus dilakukan. 

"Kalau bantuannya, saya kira sudah bagus. Tinggal ada beberapa titik yang terjadi masalah. Misalnya ada PNS yang dapat bantuan dan anggota Dewan terdaftar atau orang kaya terfadtar," ucap Yandi. 

Komisi VIII DPR RI, kata dia, akan terus berkomitmen untuk memastikan agar masyarakat yang berhak menerima bantuan bisa tepat sasaran. Seandainya ada warga yang mampu dan tidak layak menerima bantuan bisa sadar untuk mengembalikanya ke Dinas Sosial (Dinsos). Menurut Yandi, tindakan itu membuktikan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. 

"Kita turun ke lapangan untuk memastikan penerima bantuan agar tepat sasaran. Kita juga memberikan masukan agar proses verifikasi dan validasi data bagi penerima bantuan sosial."ujar Yandi. 

Wali Kota Serang Syafrudin membenarkan telah meminta kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan petugas pendataan penerima Bansos. Proses pendataan, kata dia, akan lebih efektif saat petugas yang ada di lapangan diperhatikan. 

"Mereka yang mendata nanti bisa serius dan pendataanya bisa akurat. Kalau bisa dianggarkan baik itu dari pusat atau pemkot," ujar Syafrudin.

Untuk informasi, agenda rapat dihadiri oleh Ketua dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Asda III Provinsi Banten, Walikota Serang dan seluruh OPD di Kota Serang. [PEN]

Berita terkait
Pesan Bupati Serang untuk Pengurus P2TP2A 2020-2023
Bupati Serang melantik P2TP2A Kabupaten Serang periode 2020-2023. Ia memberikan pesan untuk mereka.
Dukung Polri, Bupati Serang Resmikan Kampung Tangguh
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meresmikan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya di Kampung Panebong Curuh, Serang, Banten.
Covid-19, Bupati Serang Apresiasi Sinergi Industri
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi kalangan industri dalam memberikan bantuan untuk masyarakat yang terkana dampak pandemi Covid-19.
0
Komisi VIII DPR RI Apresiasi Penanganan Covid-19 Kota Serang
Komisi VIII DPR RI mengapresiasi kinerja penanganan Covid-19 di Kota Serang yang dilakukan oleh para kepala daerah.