UNTUK INDONESIA
Komikus Asterix dan Obelix Albert Uderzo Wafat
Komikus pencipta karakter Asterix dan Obelix, Albert Uderzo, meninggal dunia pada usia 92 tahun.
Film Asterix dan Obelix. (Foto: ImdB)

Jakarta - Komikus pencipta karakter Asterix dan Obelix, Albert Uderzo, meninggal dunia pada usia 92 tahun. Kabar kematian sang ilustrator disampaikan langsung oleh menantunya, Bernard de Choisy, kepada laman berita dunia, AFP News.

"Ia meninggal saat tidur di rumahnya di Neuillu karena serangan jantung tidak berhubungan dengan virus Corona. Ia kelelahan selama beberapa minggu," kata menantu Albert Uderzo.

Albert Uderzo dikenal publik sebagai ilustrator tokoh komik Asterix dan Obelix yang ceritanya ditulis oleh Rene Goscinny. Petualangan tentang ksatria Galia ini begitu populer di tahun 60-an dan diterbitkan ke berbagai bahasa hingga diangkat ke film.

Albert UderzoKomikus pencipta karakter Asterix dan Obelix, Albert Uderzo. (Foto: Imdb)

Komik ini mungkin merupakan komik Prancis paling populer di dunia. Meskipun demikian, Asterix tidak seberapa populer di Amerika dan Jepang yang masing-masing telah memiliki tradisi komik yang kuat.

Baca juga: Meghan Markle Ditawari Terlibat di The Simpsons

Uderzo masih terus melanjutkan seri komik Asterix dan Obelix setelah Rene Goscinny meninggal dunia pada tahun 1977. Setelah berkarya selama lebih dari 50 tahun, pria kelahiran 25 April 1927 itu memutuskan pensiun pada tahun 2011 lalu.

Berita terkait
Pemeran Wiro Sableng Abi Cancer Meninggal Dunia
Aktor laga tahun 1990-an, Abi Cancer meninggal dunia dunia pada Minggu malam (22/3/2020).
Dirjen Kemenperin Harjanto Meninggal Dunia
Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto, meninggal dunia.
Artis Sinetron Purnawiatun Meninggal Dunia
Aktris sinetron Purnawiatun meninggal dunia pada hari ini, Senin, 23 Maret 2020 setelah berjuang melawan penyakit kanker rahim yang dideritanya.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.