UNTUK INDONESIA
Kocak, Kamera AI Sulit Bedakan Bola dan Kepala Plontos Wasit
Dalam pertandingan sepak bola, kamera AI ini dimanfaatkan untuk melacak pergerakan bola selama pertandingan berlangsung.
Ilustrasi kamera AI dalam pertandingan sepak bola. (Foto: Tagar/adtmag)

Jakarta - Kehadiran teknologi kamera yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) memang sangat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang memanfaatkan kamera AI ini adalah pertandingan sepak bola.

Dalam pertandingan sepak bola, kamera AI ini dimanfaatkan untuk melacak pergerakan bola selama pertandingan berlangsung. Namun, baru-baru ini ada kejadian kocak yang melibatkan kamera AI ini.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Rabu, 4 November 2020, dalam sebuah pertandingan sepak bola yang diadakan di Skotlandia, nampak kamera AI tidak dapat membedakan antara bola dengan kepala plontos wasit.

Kamera AIBukan menyorot bola, kamera AI ini justru menyorot kepala plontos wasit. (Foto: Tagar/Interesting Engineering)

Selama kamera menyorot dekat ke bola, memang kamera tersebut mengikuti arah pergerakan bola. Namun saat kamera di zoom out, AI terlihat mulai tidak bisa membedakan antara bola dan kepala botak wasit. Bahkan sesekali kamera tersebut nampak bergerak menyorot ke kepala plontos wasit.

Sontak kejadian ini membuat lucu penonton dan tentunya cukup menggangu penonton dalam menikmati pertandingan tersebut. Atas kejadian ini, komentator pun meminta maaf atas kesalahan kamera yang mengganggu permainan.

Fitur kecerdasan buatan atau AI saat ini memang sedang dalam tahap pengembangan. Kemampuan teknologi AI ini masih membutuhkan perbaikan dan perlu dikembangkan lagi hingga bisa memiliki kemampuan layaknya seorang manusia.[]

Berita terkait
Komitmen Google Atur Kecerdasan Buatan
CEO Google dan Alphabet Inc, Sundar Pichai menyepakati gagasan bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) harus diatur.
Fisikawan Inggris Sebut Kecerdasan Buatan Perlu Dikendalikan
"Teknologi dapat mengubah aspek kehidupan. Namun kecerdasan buatan (AI) perlu dikendalikan," kata fisikawan Inggris Stephen Hawking.
Sejarah dan Perkembangan CCTV di Dunia
Closed Circuit Television atau CCTV merupakan sebuah televisi yang dioperasikan menggunakan sinyal yang bersifat tertutup.
0
Menteri Siti: SK Izin Pemanfaatan Hutan Saja Tidak Cukup
Menteri LHK Siti Nurbaya menegaskan, program perhutanan sosial tidak cukup hanya dengan diberikan SK Izin Pemanfaatan Hutan.