UNTUK INDONESIA
Klasemen Liga Inggris, Liverpool Segera Juara
Hasil pertandingan Liga Inggris di pekan ke-25 membuat Liverpool kian menjauh dari pesaingnya. Manchester City sudah sulit mengejar Liverpool.
Liverpool hampir dipastikan menjadi juara Liga Premier setelah menang 4-0 atas Southampton di Stadion Anfield, Sabtu 1 Februari 2020. Kemenangan yang mengukuhkan Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Perebutan titel Liga Premier Inggris segera usai. Hasil pertandingan di pekan ke-25 membuat Liverpool kian menjauh dari pesaingnya. Mereka pun hampir dipastikan meraih gelar juara setelah Manchester City menelan kekalahan dari Tottenham Hotspur. Sementara Arsenal kembali gagal menang setelah ditahan Burnley 0-0. 

Pertandingan terakhir pekan ini sekaligus menandai segera berakhirnya persaingan memperebutkan gelar juara liga. City yang berstatus juara bertahan mulai kehabisan tenaga mengejar Liverpool. 

Kekalahan 2-0 dari Tottenham di Stadion Tottenham Hotspur menjadikan Liverpool mempertahankan keunggulan 22 poin. Liverpool mengukuhkan posisinya di puncak klasemen setelah menang telak 4-0 atas Southampton di Stadion Anfield, Sabtu 1 Februari 2020.

Mereka sudah terlalu jauh. Mereka juga sulit dihentikan. Jelas poinnya sudah terlalu banyak (untuk dikejar)

Sementara, Leicester City yang juga berusaha mengejar Liverpool sudah makin tertinggal. Hasil imbang 2-2 saat menjamu Chelsea menjadikan The Foxes memupus harapan mengulang sukses musim 2016 saat membuat kejutan besar dengan menjadi juara Liga Premier. 

Kekalahan dari Tottenham membuat manajer City Pep Guardiola sudah mulai menyerah untuk mempertahankan gelar juara liga. Menurutnya Liverpool sudah sulit dikejar meski secara matematis peluang untuk memburunya masih terbuka. 

"Mereka sudah terlalu jauh. Mereka juga sulit dihentikan. Jelas poinnya sudah terlalu banyak (untuk dikejar). Saat kami meraih 100 poin dua musim lalu, kami unggul 19 poin dari Manchester United. Kini, kami sudah tertinggal 22 poin," kata Guardiola seperti dikutip Evening Standard

Bahkan eks pelatih Barcelona ini sudah beralih pada target lain. Tim masih bersaing di Liga Champions, Piala FA dan mereka sudah lolos ke final Piala Liga atau Carabao Cup. 

"Kini, kami membidik target lain dan tentu membidik lolos Liga Champions lagi untuk musim depan. Musim ini, Liverpool terlalu kuat," ujarnya. 

Hasil mengecewakan juga dipetik Arsenal, tetangga sebelah Tottenham. Bermain di kandang lawan di Stadion Turf Moor, Arsenal hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Burnley. Ini untuk keempat kalinya The Gunners meraih hasil imbang. Mereka juga tak pernah menang di kompetisi sejak tahun baru. 

Burnley vs ArsenalArsenal gagal meraih kemenangan setelah ditahan tuan rumah Burnley 0-0 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu 3 Februari 2020 malam WIB. Tampak pemain Arsenal mengepung pemain Burnley Jay Rodriguez di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Tambahan satu poin tak mengubah posisi klub London utara itu. Mereka tertahan di peringkat 10 dengan poin 31. Sama dengan Burnley yang berada di posisi 11. Hanya, selisih gol Arsenal lebih baik ketimbang Burnley. 

Manajer Mikel Arteta menyalahkan kondisi lapangan yang menyulitkan pemainnya mengembangkan permainan. Menurutnya rumput lapangan terlalu tinggi. Hanya memang bukan soal lapangan semata, tetapi Arteta mengakui tim lawan bermain lebih baik sehingga pemainnya gagal mencetak gol meski memiliki beberapa peluang. 

"Kondisi lapangan memang menyulitkan kami. Rumputnya terlalu tingg. Mereka memang tidak menyiram rumput tetapi itu tidak banyak membantu saat pertandingan," kata Arteta. 

"Apa pun, mereka (Burnley) memang bermain bagus. Ini memang tidak melulu soal lapangan tetapi kualitas dan apa yang mereka lakukan. Sebaliknya, kami tidak bisa melakukan dengan benar," ucapnya. 

Setelah menyelesaikan pekan ke-25, Liga Inggris akan memasuki libur musim dingin selama 13 hari. Meski demikian tidak semua tim libur karena sebagian di antara mereka tetap akan bertanding pekan depan. Sementara yang lain menjalan pertandingan Piala FA. 

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris:
Sabtu 1 Februari 2020 malam WIB-Minggu 2 Februari dini hari WIB
Leicester City 2- Chelsea 2 (Harvey Barnes 54', Benjamin Chilwell 64'; Antonio Ruediger 46', 71')

Bournemouth 2-Aston Villa 1 (Philip Billing 37', Nathan Ake 44'; Mbwana Samatta 70')

Watford 2-Everton 3 (Adam Masina 10', Ricardo Pereyra 42'; Yerry Mina 45+1', 45+4', Theo Walcott 90')

Liverpool 4-Southampton 0 (Alex Oxlade-Chamberlain 47', Jordan Henderson 60', Mohamed Salah 71', 90')

Newcastle United 0-Norwich City 0

Crystal Palace 0-Sheffield United 1 (Vicente Guaita 58'bd)

West Ham United 3-Brighton & Hove Albion 3 (Issa Diop 30', Robert Snodgrass 45', 57'; Angelo Ogbaonna bd-47', Pascal Gross 75', Glenn Murray 79')

Manchester United 0 vs Wolverhampton Wanderers 0

Minggu 2 Februari 2020-Senin 3 Februari 2020 dini hari WIB

Burnley 0-Arsenal 0

Tottenham Hotspur 2 - Manchester City 0 (Steven Bergwijn 63', Son Heung-min 71') []

KlasemenKlasemen Liga Premier Inggris sampai pekan ke-25. (Foto: ANTARA)



Berita terkait
Bournemouth Vs Arsenal, Lolos dan Lawan Portsmouth
Arsenal melaju ke babak kelima Piala FA setelah menang 2-1 atas tuan rumah Bournemouth 2-1. Selanjutnya mereka bertemu tim League One Portsmouth.
Taklukkan Man City, Tottenham Lewati Man United
Tottenham Hotspur naik ke peringkat lima setelah mengalahkan Manchester City 2-0. Tottenham melewati Sheffield United dan Manchester United.
Menunggu Langkah The Reds Memecahkan Lima Rekor
Klub papan atas Liga Inggris, Liverpool, dengan penampilan yang prima diperkirakan akan memecahkan lima rekor yang saat ini ada di Liga Inggris
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.