UNTUK INDONESIA
Taklukkan Man City, Tottenham Lewati Man United
Tottenham Hotspur naik ke peringkat lima setelah mengalahkan Manchester City 2-0. Tottenham melewati Sheffield United dan Manchester United.
Tottenham Hotspur naik ke peringkat lima setelah mengalahkan Manchester City 2-0 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Senin 3 Februari 2020 dini hari WIB. Tampak pemain debutan Tottenham Steven Bergwijn (tengah) merayakan gol yang dicetaknya. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Tottenham Hotspur sukses melewati Sheffield United dan Manchester United di klasemen Liga Premier Inggris. Tottenham naik ke posisi lima setelah menaklukkan Manchester City 2-0 dalam duel di Stadion Tottenham Hotspur, Senin 3 Februari 2020 dini hari WIB. 

Tottenham secara perlahan memperbaiki posisinya. Setelah tertahan di papan tengah dan kemudian melakukan pergantian pelatih, klub London utara ini mulai beranjak naik posisinya. 

Dan, manajer anyar, Jose Mourinho yang menggantikan Mauricio Pochettino akhirnya sukses membawa Tottenham menembus lima besar. Mereka masuk zona Liga Europa dengan melewati Sheffield United, Man United dan Wolverhampton Wanderers setelah menang dalam laga sesama anggota big six

Di luar gol yang diciptakannya, penampilan dia memang sangat bagus dan solid. Dia menunjukkan kematangannya

Kemenangan itu menjadikan Tottenham memiliki poin 37. Unggul satu poin dari Sheff United yang turun ke peringkat enam. Tottenham juga masih terpaut empat poin dengan Chelsea yang menduduki peringkat empat. 

Sebaliknya, kekalahan dari Tottenham menggagalkan City merapatkan jarak poin dengan pimpinan klasemen, Liverpool. Meski masih menduduki peringkat dua dengan poin 51, The Cityzens sudah tertinggal 22 poin dari Liverpool. Ini menjadikan langkah The Reds meraih titel Liga Premier kian mudah. 

Di pertandingan itu, pemain debutan Steven Bergwijn menjadi bintang kemenangan Tottenham. Baru pertama kali diturunkan setelah didatangkan dari PSV Eindhoven, pemain berusia 22 ini langsung mencetak gol. Tak hanya itu, Bergwijn juga memecah kebuntuan Tottenham. 

"Gol saat melakukan debut seperti gula di lapisan kue. Penampilannya sangat bagus," kata Mourinho memuji penampilan dan gol pemain asal Belanda ini seperti dikutip Evening Standard

"Di luar gol yang diciptakannya, penampilan dia memang sangat bagus dan solid. Dia menunjukkan kematangannya. Hasil tersebut juga merupakan kerja keras kami selama satu pekan," ucapnya. 

Tottenham Alami Kesulitan Lawan City

Tottenham memang mengalami kesulitan menghadapi City. Pertahanan solid tim asuhan Pep Guardiola membuat pemain Tottenham bekerja keras. 

Apalagi City sesungguhnya lebih aktif menekan tuan rumah. Tercatat, mereka melepaskan 17 tendangan ke gawang. Bahkan penguasaan bola City mencapai 70 persen. Mereka juga sempat mendapat hadiah penalti di menit 40. 

Tottenham vs Manchester CityKiper Tottenham Hotspur Hugo lloris (kedua dari kanan) bersitegang dengan striker Manchester City Raheem Sterling kiri) di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Senin 3 Februari 2020 dini hari WIB. Di pertandingan itu, Tottenham menang 2-0. (Foto: standard.co.uk)

Penalti diberikan setelah Serge Aurier dianggap melakukan pelanggaran terhadap Sergio Aguero. Insiden itu sesungguhnya dibiarkan wasit Mike Dean. Namun asisten wasit Kevin Friend kemudian meminta Dean untuk memberikan penalti beberapa menit setelah terjadinya insiden itu. 

Namun City gagal memanfaatkan peluang itu, Eksekusi penalti Ilkay Gundogan bisa dimentahkan kiper Hugo Lloris yang tampil gemilang di pertandingan itu. 

Tak lama kemudian, City meminta penalti karena menganggap kiper Lloris melakukan pelanggaran terhadap striker Raheem Sterling saat terjadi perebutan bola rebound. Sempat terjadi ketegangan antara Lloris dan Sterling. 

Kali ini, Dean mengabaikan permintaan itu. Pasalnya setelah ditinjau lewat VAR ternyata tidak ada pelanggaran dalam insiden tersebut. Skor di babak pertama tetap 0-0. 

Di babak kedua, City tak lagi sepenuhnya menguasai permainan. Tottenham yang bermain efisien dan taktis seperti ciri khas Mourinho justru bisa memanfaatkan keuntungan. Terutama setelah tim tamu kehilangan seorang pemain. 

Pelanggaran keras bek Olexander Zinchenko terhadap Harry Winks di menit 60 membuat dia menerima kartu kuning kedua. Selanjutnya, wasit memberikan kartu merah kepada pemain asal Ukraina.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan sepenuhnya oleh Tottenham. Hanya berselang tiga menit setelah diusirnya Zinchenko, tuan rumah berhasil unggul lewat gol indah Bergwijn. 

Gol berawal dari sepak pojok Tottenham yang dibuang pemain City. Bola kembali ke arah Lucas Moura yang kemudian mengirimkan umpan silang ke depan gawang City. B

ergwijn menerima dan mengontrol bola dengan dada sebelum melepaskan tendangan voli yang gagal diselamatkan kiper Ederson Moraes. Saking yakinnya, Bergwijn sudah melakukan selebrasi saat bola belum masuk ke gawang. 

Setelah gol itu, pertahanan City mulai melemah. Terbukti, Tottenham berhasil menambah gol di menit 71. Kali ini pemain depan asal Korea Selatan Heung-min Son yang memantapkan keunggulan mereka setelah menuntaskan umpan dari Tanguy NDombele. 

Tottenham benar-benar bermain efektif. Hanya dua tendangan ke gawang dan semuanya membuahkan gol. Skor 2-0 untuk Tottenham bertahan sampai akhir laga. 

Selepas pertandingan, Mourinho mengaku puas dengan kemenangan tersebut. Dia juga menolak menyalahkan Dean. Menurutnya wasit menjalankan tugas dengan baik. Mantan manajer Chelsea dan Real Madrid ini hanya mengritik penggunaan VAR. 

"Saya tahu Mike Dean menjalankan tugas yang berat. Selama di lapangan dia harus berlari sampai 200 mil per jam. Saya sama sekali tak ingn menjadi wasit karena itu pekerjaan yang sulit," kata Mourinho. 

"Kadang saya mencobanya saat sesi latihan. Dan saya menyadari itu memag sangat sulit, Bagi saya performa Dean sangat bagus. Problemnya adalah VAR," ujarnya. 

Mourinho menilai VAR masih sering melakukan kesalahan meski sudah menyaksikan tayangan ulang. Termasuk pelanggaran Sterling terhadap Dele Alli yang seharusnya dikartu merah. 

"Pertandingan dimulai dengan keputusan yang salah. Seharusnya itu kartu merah. Kartu merah langsung untuk Sterling," katanya memungkasi. []

Berita terkait
Tottenham Vs Norwich, Menang Tetapi Pemain Cedera
Tottenham Hotspur raih kemenangan pertama sejak boxing day dengan mengalahkan Norwich City. Hanya, Tottenham kehilangan Harry Winks yang cedera.
Kevin de Bruyne Tak Habis Pikir City Ditaklukkan MU
Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, mengaku tak habis pikir timnya bisa kalah 0-1 dari Manchester United pada laga semifinal Piala Liga
Man United Menang, City yang ke Final Carabao Cup
Manchester United menang 1-0 atas Manchester City di semifinal kedua Carabao Cup atau Piala Liga. Meski kalah, City tetap lolos ke final
0
Main Layang-layang, Pemain Brasil Tewas Kesetrum
Pemain lokal Brasil, Kaio Felipe Santos Silva, mengalami nasib tragis. Dia meninggal karena kesetrum listrik saat bermain layang-layang.