Indonesia
Kisah Anak Bungsu Tujuh Presiden Indonesia
Anak bungsu sering kali mendapat perhatian lebih dan dimanja dalam keluarganya. Itulah keistimewaan anak bungsu.
Inayah Wahid. (Foto: Instagram/@inayahwahid)

Jakarta - Anak bungsu sering kali mendapat perhatian lebih dan dimanja dalam keluarganya. Keistimewaan itu tidak didapat dari selain anak bungsu. Mereka tumbuh dan berkembang dengan caranya sendiri berbeda dari kakak-kakaknya.

Sebab itulah anak bungsu mendapat banyak kemanjaan dari saudara-saudaranya, sehingga mereka merasa terlindungi, aman dan nyaman sebagai anak bontot.

Lantas, bagaimana dengan anak bungsu dari presiden Indonesia. Berikut Tagar merangkumnya.

1. Guruh Soekarnoputra

Guruh SPGuruh Soekarnoputra. (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Lahir dengan nama Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra dikenal sebagai seniman dan juga politikus. Anak bungsu Presiden Soekarno dengan Fatmawati ini menyukai kesenian dan sastra sejak anak-anak. Pada usia lima tahun, Guruh sudah belajar menari Jawa, Sunda, Bali dan mementaskan tariannya di atas panggung. Pada usia itu juga dia membentuk band bocah dan bermain piano.

Adik Megawati Soekarnoputri ini pernah menikahi seorang penari asal Uzbekistan, Sabina Guseynova pada 20 September 2002 di Tashkent, Uzbekistan. Dalam perkawinannya itu, Guruh menyerahkan Al-Quran, buku Di Bawah Bendera Revolusi dan buku Otobiografi Presiden Soekarno sebagai maskawin. Namun perkawinannya tidak berlangsung lama dan hingga kini masih menyandang status duda.

2. Siti Hutami Endang Adiningsih

Mamiek SoehartoSiti Hutami Endang Adiningsih. (Foto: istimewa)

Putri bungsu presiden Indonesia ke-2 Soeharto itu biasa dipanggil Mamiek. Mamiek lebih memilih berkebun dan melestarikan berbagai jenis tanaman dibandingkan dengan terjun ke partai politik. Dia juga memiliki perhatian atas partisipasi wanita di parlemen. Salah satu yang disuarakan adalah keterwakilan 30 persen politikus perempuan dalam legislatif.

Dia menikah dengan seorang insinyur bernama Pratikno Prayitno Singgih pada 1988. Pernikahannya dikaruniai seorang anak bernama Wiratama Hadi Ramanto (Wira). Mamiek dan Pratikno akhirnya bercerai.

3. Thareq Kemal Habibie 

 Thareq HabibieThareq Kemal Habibie. (Foto: Thareq Habibie/Linkeld)

Putra bungsu pasangan presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie dan almarhumah Ibu Ainun yang lahir pada 1967. Thareq menikah dengan seorang perempuan bernama Widya Leksmanawati tahun 1997 dan dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Farhan Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, Farrah Azizah Habibie.

Tidak banyak informasi mengenai Thareq Kemal Habibie yang dapat dirangkum dari mesin pencari Google. Namun dari sedikit yang bisa dikutip dari GenPI.co, Thareq diketahui mewarisi kecerdasan sang ayah. Buktinya, dia menjalankan roda bisnis berupa biro engineering dengan klien yang tersebar di berbagai negara di Eropa.

Thareq juga diketahui mengelola beberapa perusahaan lain. Satu di antaranya adalah perusahaan atas namanya sendiri yakni PT Thareq Habibie Carbon. Dilansir dari jppn.com, pada 2017 perusahaan tersebut bersama PT Pos Indonesia merilis perangko edisi terbatas bergambar Habibie-Ainun.

4. Inayah Wulandari Wahid

InayahInayah Wahid. (Foto: Instagram/@inayahwahid)

Inayah Wulandari Wahid adalah anak bungsu dari presiden Indonesia ke-empat Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dia anak terakhir dari empat bersaudara. 

Adik Yenny Wahid ini tidak terlihat aktif dalam dunia politik seperti kakaknya karena Inayah tidak terlalu tertarik dengan politik. Seperti ingin meneruskan perjuangan sang ayah, Inayah ingin menjangkau banyak orang karena dia tidak mau memandang pluralisme itu membahayakan. Oleh sebab itu, dia juga aktif terlibat dalam aksi kaum muda yang menyebarkan nilai-nilai kebahagiaan dan semangat positif dalam kehidupan.

Sebenarnya Inayah sudah menggeluti dunia seni peran sejak duduk di bangku kuliah. Saat itu dia sudah aktif bermain teater. Siapa sangka, pemeran Naya dalam komedi situasi OK-Jek ini ternyata merupakan anak dari presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid. Dia mulai menggeluti dunia peran sejak duduk di bangku kuliah, mulai dari teater ke teater, hingga akhrinya sekarang moncer tampil di depan layar.

5. Puan Maharani

Puan MaharaniPuan Maharani. (Foto: Instagram/@puanmaharaniri) 

Puan Maharani adalah putri dari presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Sama seperti ibu dan kakeknya, dia juga memilih untuk berjalan di jalur politik Indonesia sejak usia muda.

Dia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja yang dipimpin oleh presiden Jokowi untuk periode tahun 2014-2019. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan untuk DPR-RI pada tahun 2012-2014.

6. Edhie Baskoro Yudhoyono

IbasEdhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Instagram/@ibasyudhoyono)

Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Ibas adalah putra bungsu dari presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sama seperti ayahnya, dia juga memilih untuk berkecimpung di dunia politik. Sejak tahun 2009, dia telah menjadi anggota DPR dan ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, serta informasi dan komunikasi.

Dia kini juga bergabung dalam partai politik yang sama dengan sang ayah, Partai Demokrat. Pada 2010, dia dipercaya menjadi Sekjen Partai Demokrat yang berarti juga menjadikannya sekjen partai politik termuda di Indonesia.

7. Kaesang Pangarep

KaesangKaesang Pangarep. (Foto: Instagram/@kaesangp)

Kaesang adalah putra bungsu dari presiden Indonesia ke-7 Joko Widodo. Dia merupakan alumnus Anglo-Chinese School. Pernah tampil di film Cek Toko Sebelah, kini dia aktif nge-vlog di channel YouTube pribadinya. Dari semua anak presiden Indonesia, sepertinya hanya Kaesang-lah yang paling kekinian.

Kaesang Pangarep juga terkenal paling ‘rame’ di antara saudara-saudaranya. Rumah akan sepi jika tidak ada sosok satu ini. Kaesang Pangarep bisa menghidupkan suasana rumah dengan kebayolan dan canda tawanya. 

Walaupun sering bercanda, jangan ragukan Kaesang dalam hal mencari rezeki. Pada usianya yang muda Kaesang sudah memiliki beberapa unit usaha. Di antaranya bisnis kuliner (pisang dan martabak), pernah menjual jas hujan, dan menjual kaus (Sang Javas) yang biasanya bergambar kecebong.

Baca juga:

Berita terkait
0
Poldasu Periksa Warga Medan Simpan Satwa Liar Binturong
Seorang warga Kota Medan ditemukan menyimpan dan memelihara satwa liar dilindungi jenis binturong menjalani pemeriksaaan dan proses hukum.