UNTUK INDONESIA
Timnas Berusaha Bangkit Lawan Thailand
Tim nasional berusaha bangkit saat menghadapi Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa 10 September 2019.
Tim nasional harus bangkit saat menghadapi Thailand di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa 10 September 2019. Tampak pemain timnas (dari ka-ki), Irfan Bachdim, Rizky Pellu dan Alberto Goncalves mengikuti sesi latihan. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

Jakarta - Tim nasional Indonesia berusaha bangkit saat melawan Thailand dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah dipermalukan Malaysia 2-3, kini timnas diuji kemampuannya saat menghadapi lawan yang lebih kuat dalam pertandingan di Grup G di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa 10 September 2019 pukul 19.30 WIB. 

Thailand sesungguhnya berada di level lebih tinggi dibandingkan Indonesia dan Malaysia. Bila Indonesia masih mengejar mimpi berlaga di Piala Dunia, sebaliknya Thailand sudah berpikir kapan menjadi negara pertama dari Asia Tenggara yang tampil di turnamen sepak bola terakbar ini. 

Meski menghadapi lawan dengan kualitas lebih baik, namun pelatih timnas Simon McMenemy tetap optimistis. Menurut dia tim Merah Putih sangat termotivasi menaklukkan Thailand. Kekalahan dari Malaysia mendorong Alberto 'Beto' Goncalvez untuk bangkit.

Saat ini yang penting bagaimana kami mampu bangkit dari kekalahan. Ini tantangan bagi skuat bagaimana menghadapi tim Thailand yang berpengalaman

"Apa yang saya suka dari skuat ini adalah semua pemain ingin bangkit setelah kami merasa sedih karena kekalahan di laga di sebelumnya," ujar McMenemy seperti dikutip Antara.

Pelatih asal Skotlandia itu melanjutkan, semangat skuat Garuda kian berlipat setelah kegagalan itu. Apalagi Indonesia sesungguhnya mampu menguasai pertandingan. Hanya mereka gagal mempertahankan performa sehingga takluk dari Malaysia.

Saat melawan Harimau Malaya, pemain timnas sudah kehabisan stamina pada paruh kedua babak kedua. Sebaliknya, Malaysia yang bermain efisien dan efektif terlihat tetap bugar selama 90 menit pertandingan. Terbukti, mereka bisa mencetak gol di injury time.  

"Saat ini yang penting bagaimana kami mampu bangkit dari kekalahan. Ini tantangan bagi skuat bagaimana menghadapi tim Thailand yang berpengalaman. Kami juga harus membuktikan kepada masyarakat bahwa performa timnas Indonesia sesuai harapan," ujar eks pelatih Bhayangkara FC ini.

Kekalahan dari Malaysia menjadikan Indonesia berada di peringkat terbawah atau posisi kelima klasemen sementara Grup G. Sedangkan Thailand bertengger di posisi kedua dengan satu poin usai bermain 0-0 di laga perdana melawan Vietnam. []

Berita terkait
Kalahkan Indonesia, Performa Terbaik Malaysia
Penampilan Malaysia saat mengalahkan Indonesia 3-2 di kualifikasi Piala Dunia 2022 di Jakarta merupakan salah satu yang terbaik.
Suporter Indonesia Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata
Para suporter timnas Indonesia yang ricuh akibat tidak terima kekalahan dari timnas Malaysia dibubarkan polisi dengan tembakan gas air mata.
Kehabisan Tenaga, Indonesia Dipermalukan Malaysia
Indonesia dipermalukan Malaysia 2-3 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 5 September 2019.
0
Angin Kencang Terjang Kediri, Satu Warga Meninggal
Angin kencang di Kediri menumbangkan 18 pohon dan menyebabkan satu orang meninggal dunia, satu luka berat, dan 3 mobil milik ringsek.