UNTUK INDONESIA
Kincolongnya Kinerja Samsung Electronics, Analis Kasih Ini
Samsung Electronics mencatat pertumbuhan kinerja keuangan di triwulan II 2020, bagaimana dengan triwulan III?
Samsung Electronics. Samsung Electronics mencatat pertumbuhan kinerja keuangan di triwulan II 2020, bagaimana dengan triwulan III? (Foto: Tagar/topgrowthfutures.com/Samsung Electronics).

Jakarta - Pandemi Covid-19 bukan berarti tak bisa menghasilkan kinerja positif. Samsung Electronics, anak perusahaan Samsung Group, raksasa teknologi di dunia membuktikan dengan pertumbuhan kinerja keuangan di triwulan II 2020.

Samsung Electronics melaporkan pendapatan di triwulan II 2020 yang berakhir 30 Juni mencapai KRW 52,97 triliun (Korea Won) dan laba operasi sebesar KRW 8,15 triliun, naik 26 persen dari triwulan I 2020. Kinerja positif ini didukung oleh permintaan yang kuat untuk chip memori dan peralatan, serta keuntungan di bisnis panel display.

Mengutip dari laman samsung.com, pandemi membuat perusahaan menutup gerainya di seluruh dunia. Untuk meminimalkan imbas, Samsung Electronics memperkuat saluran penjualan online dan mengoptimalkan biaya.

Pemulihan parsial dalam permintaan global sejak Mei membantu mengimbangi beberapa imbas pandemi, sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari perkiraan semula. Menurunnya penjualan smartphone dan perangkat lain mempengaruhi pendapatan perusahaan.

Namun berhasil diimbangi dari pendapatan dari unit memory business yang mencatat peningkatan permintaan yang solid dari pusat data. Sementara unit bisnis komunikasi seluler melaporkan profitabilitas yang solid dengan melakukan pengurangan biaya pemasaran dan pengoptimalan biaya lainnya, meskipun penjualan smartphone melemah.

Divisi elektronik konsumen membukukan pendapatan yang lebih tinggi. Hal itu didukung dari pertumbuhan penjualan peralatan rumah tangga seperti AC serta TV premium termasuk model QLED.

Bagaimana dengan triwulan III 2020? Analis memperkirakan laba operasi Samsung Electronics akan melampaui KRW 10 triliun atau sekitar US$ 8,42 miliar pada triwulan III 2020. Analis memperkirakan pasar akan pulih dari imbas pandemi yang dialami pada triwulan I dan II 2020.

Menurut analis, seperti diberitakan dari sammobile.com, Samsung akan mengalami pemulihan untuk penjualan peralatan rumah tangga, ponsel pintar, dan TV. "Ini akan memberikan kontribusi terhadap pendapatan dan laba operasi yang lebih tinggi," kata analis.

Jika perkiraan analis ini menjadi kenyataan, maka akan menjadi pertama kalinya dalam dua tahun laba operasi Samsung Electronics melampaui angka KRW 10 triliun. Perusahaan ini dijadwalkan untuk mengumumkan hasil keuangan triwulan III 2020 bulan depan.

Dalam catatan analisa yang dirilis kemarin, analis Hana Financial Investment, Kim Kyung-Min memperkirakan laba operasi Samsung untuk triwulan III 2020 menjadi KRW 10,15 triliun. Perkiraan dari DB Financial Investment Co dan KB Securities juga menyebutkan kemungkinan laba operasi Samsung melebihi KRW 10 triliun pada kuartal Juli-September. []


Berita terkait
Tidak Ada Adapter Charger di iPhone 12, Samsung Sindir Apple
Samsung menyatakan bahwa kini seluruh smartphone seri Samsung Galaxy terus dikirimkan dengan menyertakan adaptor charger.
Samsung Galaxy M51 Resmi Rilis, Bawa Baterai Besar 7.000 mAh
Samsung Galaxy M51 sudah bisa dipesan melalui tahap pre-order dengan harga Rp 5.499.000.
Samsung Rilis Galaxy S20 FE, Ini Harga dan Spesifikasinya
Di Indonesia, Galaxy S20 FE dijual mulai dari harga Rp 10 juta untuk tahap Pre-order yang dibuka mulai hari ini sampai dengan 8 Oktober 2020.
0
Kincolongnya Kinerja Samsung Electronics, Analis Kasih Ini
Samsung Electronics mencatat pertumbuhan kinerja keuangan di triwulan II 2020, bagaimana dengan triwulan III?