UNTUK INDONESIA
Tidak Ada Adapter Charger di iPhone 12, Samsung Sindir Apple
Samsung menyatakan bahwa kini seluruh smartphone seri Samsung Galaxy terus dikirimkan dengan menyertakan adaptor charger.
Paket penjualan iPhone 12. (Foto: Tagar/Apple)

Jakarta - Apple telah resmi meluncurkan generasi terbaru iPhone, yakni iPhone 12. Namun uniknya, dalam paket penjualannya, Apple tidak menyertakan adaptor charger dalam kotak iPhone 12. Sontak hal tersebut menjadi bahan sindiran dari brand lain, misalnya Samsung.

Dalam sebuah unggahan di akun Facebook resminya, Samsung menyatakan bahwa kini seluruh smartphone seri Samsung Galaxy terus dikirimkan dengan menyertakan adaptor charger.

"Galaxy memang memberi apa yang Anda cari. Dari yang paling dasar sebagai pengisi daya, hingga kamera terbaik, baterai, kinerja, memori, dan bahkan layar 120Hz di smartphone," tulis Samsung, sebagaimana dikutip Tagar, Kamis, 16 Oktober 2020.

Apple memang menghilangkan adapter charger dalam paket penjualan iPhone 12, bahkan earpods juga absen di dalam kota iPhone generasi terbaru ini. Perusahaan beralasan bahwa ini dilakukan demi menghindari dampak emisi karbon terhadap lingkungan, namun banyak konsumen menyebut ini sebagai alibi untuk memaksa pengguna membelinya secara terpisah.

Tidak hanya pada kotak iPhone 12, ternyata Apple juga menghilangkan adaptor charger untuk iPhone model lama. Jadi jika sekarang Anda membeli seri iPhone 11, maka Anda perlu membeli adapter daya secara terpisah.

Perlu diketahui, bahwa Apple akan mengirimkan iPhone 12 hanya dengan menyertakan kabel USB-C ke Lightning. Kabel ini tidak akan kompatibel dengan adaptor daya USB-A yang telah digunakan Apple di semua model iPhone sejak 2007. Hal ini memaksa pengguna untuk merogoh kocek demi membeli adapter daya yang kompatibel dengan kabel tersebut.

Jika Apple benar-benar khawatir tentang dampak lingkungan dari adaptor daya, seharusnya perusahaan dapat memilih port pengisian daya USB-C di iPhone dan membuang port Lightning seperti yang terjadi pada iPad Pro.

Meskipun saat ini Samsung melontarkan sindiran untuk Apple, namun rumor menyebutkan bahwa raksasa teknologi asal Korea Selatan ini juga akan melakukan hal yang sama untuk beberapa perangkatnya mulai tahun depan. Kita lihat saja apakah rumor ini akan menjadi kenyataan atau justru akan ada alternatif lain yang dikeluarkan Samsung.[]

Berita terkait
Pilihan Apple Antara 5G dan Layar 120Hz untuk iPhone 12
Apple lebih memilih konektivitas 5G untuk digunakan dalam iPhone 12 karena lebih mudah untuk dipasarkan.
4 Model iPhone 12 Rilis, Versi Standar Diprediksi Terlaris
iPhone 12 dengan layar yang sedikit besar dan banderol harga yang tidak terlalu mahal akan lebih banyak menarik minat konsumen.
Harga dan Spesifikasi Lengkap iPhone 12 Mini dan iPhone 12
iPhone 12 Mini dibanderol seharga 699 dolar atau sekitar Rp 10,3 juta, sedangkan iPhone 12 dipasarkan seharga 799 dolar atau sekitar Rp 11,8 juta.
0
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.