UNTUK INDONESIA
KIA Rio Hybrid Punya Transmisi Cerdas
KIA Motors akan menghadirkan mobil KIA Rio generasi keempat yang di antaranya dibekali mesin hybrid dan punya transmisi manual yang cerdas.
KIA Rio baru bermesin hybrid yang akan dipasarkan mulai kuartal ketiga 2020. (Foto: ANTARA/KIA)

Jakarta - KIA Motors akan menghadirkan mobil KIA Rio generasi keempat, keunggulannya di antaranya dibekali mesin hybrid dan punya transmisi manual yang cerdas.

Model yang ditingkatkan ini menghadirkan serangkaian perangkat tambahan untuk menyegarkan kembali posisi Rio dalam segmen-B yang sangat kompetitif.

Mobil KIA Rio baru juga mendapatkan pembaruan eksterior dan interior yang membawa fitur teknologi dan hiburan yang biasanya ada pada mobil besar,

Yang menarik, Rio baru juga menawarkan powertrain baru yang efisien, termasuk sistem mesin bensin yang dikombinasikan motor listrik 48V dari hybrid-ringan pertama KIA, ditambah transmisi manual cerdas baru clutch-by-wire.

KIA Rio baru ini bakal dipasarkan pada kuartal ketiga tahun 2020, dimulai dari Eropa, dengan garansi tujuh tahun atau 150.000 kilometer (km).

"Model yang ditingkatkan ini dibangun di atas kekuatan utama mobil, kepraktisan, kualitas dan teknologi, dengan powertrain yang baru dialiri listrik, desain yang segar, dan fitur keselamatan dan telematika canggih yang sering ditemukan di mobil banyak segmen di atas," kata Emilio Herrera, Chief Operating Officer Kia Motors Eropa, dalam pernyataan resmi, dikutip Antara, Sabtu, 6 Juni 2020.

Sebagai model penting bagi KIA baik di Eropa maupun dunia, Herrera yakin peningkatan ini akan membuat KIA Rio lebih sukses dari sebelumnya.

Rio adalah mobil KIA pertama yang ditenagai oleh powertrain kendaraan listrik hibrida ringan-MHEV (mild-hybrid electric vehicle).

Bukan dengan T-GDi generasi 1.0-liter Kappa, Rio baru memasangkan motor listrik dengan mesin baru Kia Smartstream 1,0-liter T-GDi (injeksi langsung bensin turbocharged) untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan bantuan torsi listrik dan pengereman regeneratif.

Mesin Smartstream menghasilkan tenaga yang sama dengan lini mesin Kappa sebelumnya, 100 ps atau 120 ps, tetapi memungkinkan output torsi puncak 16 persen lebih tinggi untuk varian 120 ps (200 Nm).

KIA belum mengungkapkan harga Rio baru ini, tapi sudah merinci pembaruan yang disematkan untuk meningkatkan daya saing Rio di pasar nanti.[]

Berita terkait
Diharapkan Otomotif Naik 5 Persen di New Normal
New normal diharapkan mampu mendorong industri otomotif bergeliat lagi setelah dihantam badai virus corona Covid-19.
Dampak Corona yang Ditakuti Produsen Otomotif
Hal yang menjadi masalah bukan penurunan penjualan atau tersendatnya distribusi, melainkan ketidakpastian kapan pandemi Covid-19 berakhir.
Pasar Otomotif China Anjlok Akibat Virus Corona
Angka penjualan di pasar otomotif China mengalami penurunan yang cukup signifikan, yakni sebesar 92 persen pada Februari 2020.
0
Pria Meninggal Setelah Tabrak Bokong Truk Parkir di Sleman
Seorang pria meninggal setelah menabrak truk yang sedang parkir di pinggir jalan di Jalan Wates. Kasus ditangani Polres Sleman.