UNTUK INDONESIA

KIA Sonet Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Spesifikasinya

KIA Sonet hadir dalam lima varian dengan dua pilihan transmisi. SUV ini dijual mulai dari harga Rp 190 jutaan.
KIA Sonet. (Foto: Tagar/KIA Indonesia)

Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi menghadirkan sport utility vehicle (SUV) kompak terbarunya, yakni KIA Sonet di Indonesia. Mobil ini masuk ke pasar otomotif Tanah Air setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu mengaspal di India.

Dalam acara peluncuran yang digelar secara virtual, Rabu, 11 November 2020, Presiden Direktur KIA Andrew Nasuri mengatakan bahwa kehadiran KIA Sonet akan menjadi momen penting untuk menambah jajaran lini produk KIA di Tanah Air.

"Indonesia menjadi negara kedua yang menerima kehadiran KIA Sonet, setelah sebelumnya dirilis di India. Ini merupakan suatu kebanggaan karena Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi KIA," kata Andrew.

Spesifikasi KIA Sonet

Di Indonesia, KIA Sonet hadir dengan menggendong mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkapasitas 1.497cc. Konfigurasi mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 115 PS pada putaran mesin 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. SUV kompak ini memiliki enam mode berkendara dengan sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) 8-percepatan.

KIA SonetKIA Sonet. (Foto: Tagar/KIA Indonesia)

Dari segi desain, KIA Sonet hadir dengan tampilan depan agresif khas KIA, yang dimana desain ini merupakan kolaborasi KIA dengan Tiger Nose. Untuk varian tertinggi, mobil ini sudah dilengkapi sun roof dengan fungsi power sliding and tilting.

Kemudian beberapa fitur unggulan lain juga turut hadir dalam SUV kompak ini, seperti fog lamp projector, lampu utama LED, DRL yang juga berfungsi sebagai lampu sein dan lampu belakang, dan remote start engine.

"Remote start engine ini berfungsi untuk menyalakan mesin dan AC saat mobil dalam keadaan terkunci. Sehingga saat pengemudi ingin memulai perjalanan, kondisi kabin sudah nyaman," kata Marketing & Development Division Head KIA, Ario Soerjo.

Masuk ke bagian kabin, KIA Sonet memiliki tombol start stop, cruise control, keyless entry, klaster instrumen digital, jok kulit dengan sistem ventilasi, climate control otomatis, wireless charging, dan sistem audio Bose.

Kia Sonet

Kabin KIA Sonet. (Foto: Tagar/KIA Indonesia)

Untuk sistem hiburan mobil, Sonet menampilkan head unit dengan layar LED berukuran 8,8 inci. Sistem ini juga sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, voice recognition, dan tujuh buah speaker yang terdiri dari empat speaker utama, dua tweeter, dan satu subwoofer di bagasi.

KIA Sonet juga turut dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan, seperti tire pressure system, ABS, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Hill-Start Assist Control (HAC), dan airbag yang tersebar di enam titik bagian kabin mobil.

Mobil ini hadir dalam lima varian dengan dua pilihan transmisi. Seluruh varian tersedia dalam enam pilihan warna, yakni Aurora Black Pearl, Glacier White Pearl, Intense Red, Beige Gold, Intelligent Blue, dan Steel Silver.

"Harga Kia Sonet mulai dari Rp 190 jutaan dan varian tertinggi Rp 289 juta. Fitur-fitur yang dimiliki Sonet merupakan fitur pertama di kelasnya untuk SUV di bawah Rp 300 juta. Kami juga berikan garansi selama 7 tahun atau 200.000 kilometer," ujar Ario.

Daftar Lengkap Harga KIA Sonet

  • 1.5 M/T Standard - Rp 193.000.000
  • 1.5 M/T Active - Rp 204.500.000
  • 1.5 M/T Smart - Rp 238.500.000
  • 1.5 iVT Smart - Rp 251.500.000
  • 1.5 iVT Dynamic - Rp 265.000.000
  • 1.5 iVT Premiere - Rp 289.000.000.[]
Berita terkait
KIA Siap Luncurkan 11 Mobil Listrik
Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA berencana meluncurkan 11 kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pada 2025.
Mobil Konsep Imagine KIA Meluncur 2021
KIA Imagine diperkenalkan lewat gelaran ajang Geneva Motorshow 2019. Kini mobil tersebut tengah memasuki tahap produksi, akan dipasarkan pada 2021.
Harga dan Spesifikasi All New KIA Seltos
Kehadiran mobil KIA jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan menjadi penantang tangguh Honda HR-V, Mazda CX3, dan Wuling Almaz.
0
KIA Sonet Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Spesifikasinya
KIA Sonet hadir dalam lima varian dengan dua pilihan transmisi. SUV ini dijual mulai dari harga Rp 190 jutaan.