UNTUK INDONESIA
Khofifah Jamin Stok Sembako di Jawa Timur Aman
Pemprov Jatim saat ini terus menjaga agar stok bahan pokok tetap terjaga, sehingga masyarakat tidak resah ketika merayakan Natalu.
Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa bersama Kepala Bank Indonesia Jatim Difi Ahmad Johansyah usai menghadiri Rakorwil TPID Provinsi Jatim di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim, Kamis 12 Desember 2019. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 permintaan kebutuhan akan Sembilan bahan pokok (Sembako) biasanya meningkat. Untuk itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengingatkan agar tak ada aksi menimbun sembako untuk menghadapi Nataru.

Khofifah memastikan bahwa stok bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat aman. Pemprov Jatim saat ini terus menjaga agar stok bahan pokok tetap terjaga, sehingga masyarakat tidak resah ketika merayakan Natalu.

“Kita jamin menjelang Nataru stok beras kita aman, stok daging kita sangat aman, termasuk di dalamnya daging ayam dan telur sangat aman. Stok gula pun sangat aman,” kata Khofifah usai Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) TPID Jatim di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Kamis 12 Desember 2019.

Khofifah mencatat stok beras di Jatim surplus 2,7 juta ton, komoditas jagung surplus 5,3 juta ton. Begitu juga halnya stok daging dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jatim.

Kita jamin menjelang Nataru stok beras kita aman.

“Kita meminta agar tidak ada yang menimbun bahan pokok,” ujarnya.

Selain bahan pokok, mantan anggota DPR RI itu juga menjamin stok daya listrik dan bahan bakar minyak (BBM) aman. PLN telah menyiagakan 157 tujuan mobil PLN yang akan mobile untuk memberikan layanan kelistirikan, jika terjadi permasalahan. Seperti halnya gardu listrik akibat angin puting beliung.

“Kita tidak berharap ada gardu yang bermasalah karena hujan atau kena angin. Meski demikian ada mobil yang siap mobile,” ucapnnya.

Sementara stok BBM, Pertamina menambah pasokan 7 persen, sehingga stoknya cukup dan aman. Penambahan pasokan BBM ini karena banyak masyarakat yang merayakan liburan Nataru ke luar pulau. Sepertinya ke Pulau Bali.

“Sangat mungkin wilayah barat menyeberang ke Bali tentu melewati Jatim. Oleh karena itu stok BBM harus dipastikan aman,” tuturnya.

Untuk angkutan berat dilarang melintasi jalan nasional jelang Hari Natal dan Tahun Baru. Menteri Perhubungan memberi pengecualian bagi truk yang mengangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat dan eksport import.

“Ada pengecualian truk yang mengangkut beras, ternak. Termasuk pengangkut produk ekspor impor yang sudahnya, Itu juga diberikan eksepsi,” ucapnya. []

Berita terkait
Balas Dendam, Pemuda di Sampang Bunuh Tetangga
AR diamankan setelah melakukan aksi pembunuhan di Desa Tamberu Laok, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, pada Jumat 29 November 2019, lalu.
BPOM Keluhkan Artis Endorse Kosmetik Ilegal
BPOM menilai dengan tokoh ataupun artis yang mengendorse kosmetik dan obat ilegal, membuat masyarakat mudah percaya akan produk tersebut.
Dispendik Jawa Timur Dukung Penghapusan UN
beberapa sekolah di Jawa Timur telah melaksanakan sistem ujian yang menerapkan kelulusan tanpa UN.
0
Buruh Bangunan di Makassar Tewas Terjatuh
Seorang pekerja bangunan tewas bersimbah darah setelah terjatuh dari lantai tiga bangunan yang sementara dikerjakan di Makassar.