UNTUK INDONESIA
Khasiat Minum Teh Setiap Hari
Bergembiralah yang selalu minum secangkir teh setiap hari. Minum teh dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran.
Ilustrasi Teh. (Foto: pixabay)

Jakarta -  Bergembiralah untuk Anda yang selalu minum secangkir teh setiap hari. Pasalnya, ada beberapa manfaat minum teh yang mungkin belum pernah Anda ketahui. 

Minum teh dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita. Penasaran apa saja manfaat minum teh setiap hari, berikut penjelasannya.

  • Minum Teh Sebelum Olahraga

Selain pagi dan sore hari, kita dianjurkan untuk mengonsumsi teh sebelum berolahraga. Pasalnya, teh diklaim dapat meningkatkan performa dan daya tahan tubuh selama kita melakukan latihan fisik. 

Catechin, salah satu senyawa aktif di dalam teh dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara optimal ketika kita sedang berolahraga. Jenis teh yang paling efektif untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak pada saat olahraga adalah teh hijau.

  •  Minum Teh Mencegah Penyakit

Teh(Foto: pixabay)

Minum teh setiap hari dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Teh juga diklaim dapat melindungi kita dari penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya seperti stroke.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine terhadap 40 ribu orang di Jepang membuktikan minum teh sebanyak 5 cangkir sehari dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 26 persen dan penyakit stroke hingga 16 persen. 

Senyawa aktif yang terkandung di dalam teh juga dipercaya dapat membantu tubuh kita terhindar dari berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus kecil, lambung, kulit, kerongkongan, paru-paru, dan beberapa jenis kanker lainnya.

  • Minum Teh untuk Diet

Manfaat minum teh setiap hari adalah untuk menurunkan berat badan, benarkah? Tentu saja benar. Kita bisa menurunkan berat badan dengan bantuan teh tanpa tambahan rasa atau pemanis lainnya. Namun, usaha minum teh setiap hari ini juga harus diimbangi dengan menjaga asupan makanan yang cukup dan bernutrisi lengkap serta olahraga yang teratur. 

Minumlah teh hijau sebelum kita berolahraga agar proses pembakaran lemak di dalam tubuh jadi lebih maksimal. Namun, usahakan untuk memilih teh tanpa gula atau segala jenis pemanis tambahan.

TehTeh. (Foto: pixabay)

  • Minum Teh untuk Hidrasi Tubuh

Aktivitas Anda sehari-hari yang menguras energi bisa membuat tubuh jadi lebih mudah mengalami dehidrasi. Menghidrasi tubuh dengan air putih saja tidak cukup membantu. Cobalah mengonsumsi teh hitam untuk membantu proses hidrasi tubuh. 

Teh hitam diklaim sebagai minuman yang dapat membantu proses hidrasi tubuh dengan baik. Oleh karena itu, apabila kita merasa haus dan dahaga segelas teh dingin mungkin dapat melepas dahaga sekaligus menghidrasi tubuh Anda.

  • Minum Teh untuk Tulang dan Gigi

Para peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine, Jepang membuktikan bahwa salah satu manfaat minum teh adalah untuk mencegah gigi berlubang. Perubahan pH yang terjadi di dalam mulut setelah minum teh akan mencegah gigi menjadi berlubang. Namun, hal ini berlaku hanya untuk teh yang tidak mengandung gula atau pemanis tambahan. 

Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan tulang. Pasalnya, teh juga diklaim dapat mencegah tulang keropos atau yang lebih dikenal dengan nama osteoporosis dengan cara meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang.

Teh(Foto: pixabay)

  • Minum Teh untuk Gangguan Pencernaan

Sejak dulu, teh hitam atau teh herbal dikenal dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Saat merasa mual atau setelah muntah, kita disarankan untuk meminum secangkir teh hangat dengan campuran jahe untuk menenangkan rasa mual tersebut. Pasalnya, teh dapat mengurangi rasa mual secara efektif. 

Hal yang sama juga berlaku pada gangguan pencernaan seperti diare. Secangkir teh hitam tanpa gula dapat mengurangi rasa mulas di perut.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat minum teh setiap hari ini maka tidak ada salahnya mengonsumsi teh setiap hari. 

Selain itu, kandungan kafein di dalam teh juga jauh lebih rendah dibanding kopi. Teh dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap kopi. Cobalah mengonsumsi teh setiap hari mulai sekarang.

Baca juga: 

Berita terkait
0
FPI dan PA 212 Ancam Usir Orang India dari Indonesia
Massa aksi demonstrasi yang digalang FPI, PA 212, dan GNPF-Ulama, mengancam akan mengusir WNA asal India dari Indonesia.