UNTUK INDONESIA
Ragam Khasiat Jintan Hitam Buat Kesehatan
Jintan hitam atau jinten hitam (Habbatussauda) adalah salah satu obat herbal yang sangat populer.
Jintan Hitam. (Foto: fixabay)

Jakarta - Jintan hitam atau jinten hitam (Habbatussauda) adalah salah satu obat herbal yang sangat populer. 

Herbal satu ini dipercaya sebagai herbal ajaib yang mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja manfaat jintan hitam untuk kesehatan?

Sekilas tentang Jintan Hitam

Kita tentunya sudah tidak asing dengan jintan hitam atau jinten hitam yang dikenal dengan nama habbatussauda. Biji jintan hitam diambil dari tanaman dengan nama latin Nigella sativa. 

Keberadaa jintan hitam memang sudah tidak asing lagi dalam dunia herbal. Jintan hitam bahkan sering disebut sebagai ramuan ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Biji jintan hitam memiliki banyak kandungan yang memang baik untuk tubuh. Biji jintan hitam memiliki kandungan beberapa vitamin dan mineral seperti tembaga, fosfor, zat besi, dan zink. Selain itu, jintan hitam juga memiliki kandungan karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh hati.

Kandungan lain yang terdapat dalam biji jintan hitam adalah asam lemak tak jenuh seperti asam linoleate dan asam oleat. Terdapat juga kandungan asam jenuh seperti asam palmiat dan asam stearat. Saponin dan senyawa alkaloid juga ditemukan dalam biji jintan hitam.

Khasiat Jintan Hitam

Penggunaan jintan hitam sebagai obat herbal sudah terjadi sejak lama. Penelitian tentang manfaat jinten hitam juga telah banyak dilakukan. Apa saja manfaat jintan hitam untuk kesehatan? Berikut manfaatnya.

1. Agen Antibakteri

Manfaat jintan hitam yang pertama adalah dapat melawan beberapa jenis bakteri patogen manusia. Beberapa jenis bakteri yang terlihat bereaksi terhadap jintan hitam adalah seperti Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, bisul, pneumonia, arthritis, hingga meningitis. Bakteri lainnya yang dapat dilawan adalah seperti H. pylori.

Heliobacter pylori merupakan bakteri yang umumnya ditemukan di lambung. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan termasuk radang lambung dan tukak lambung. Kondisi yang lebih buruk, bakteri ini juga dapat menyebabkan kanker lambung.

2. Menurunkan Kolesterol

Jintan hitam juga dipercaya sebagai herbal yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam darah. Dilansir dari Health Line, terdapat satu review dari 17 penelitian yang menyimpulkan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah.

Manfaat jintan hitam menurunkan kolesterol LDL lebih tinggi didapatkan dari minyak jintan hitam dibandingkan dengan bubuk biji jintan hitam. Meskipun begitu, bubuk biji jintan hitam memiliki keunggulan lain, yaitu dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

3. Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel. Antioksidan dapat ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, paling banyak adalah pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Terdapat beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam. Hal ini lah yang membuat jintan hitam dipercaya mampu untuk menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam adalah seperti alkaloid, saponin, karvakrol, dan timokuinon.

4. Asma

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat meringankan gejala asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan asma yang dibarengi dengan konsumsi jintan hitam menunjukkan berkurangnya frekuensi batuk dan mangi. Selain itu, ditemukan juga peningkatkan fungsi pari-paru.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui efektivitas jintan hitam sebagai obat asma. Dilansir dari WebMD, penggunaan jintan hitam tidak sebaik penggunkaan obat-obatan seperti theophilin dan salbutamol dalam menurunkan gejala asma.

5. Bantu Kontrol Gula Darah

Kemampuan jintan hitam untuk mengontrol gula darah membuat jintan hitam dianggap baik untuk penderita diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat menurunkan gula darah rata-rata dan resistensi insulin.

Selain digunakan untuk mengontrol gula darah penderita diabetes. Jintan hitam juga bisa dijadikan sebagai pencegahan diabetes karena kemampuannya untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

6. Mencegah Kanker

Sebagai herbal yang mengandung antioksidan tinggi, tentunya tidak heran jika jintan hitam juga dipercaya mampu untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian in vitro dan in vivo menunjukkan adanya efek penggunaan jintan hitam terhadap sel tumor dan kanker.

Beberapa jenis kanker yang telah diteliti adalah seperti kanker darah, kanker payudaram kanker pankres,paru-paru, sekviks, prostat, kulit, dan usus besar. Namun penelitian ini masih sebatas penelitian pada hewan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia.

7. Sebagai Antiperadangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif dalam jintan hitam memiliki aktivitas antiperadangan. Dilansir dari Health Line, terdapat satu penelitian yang dilakukan pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis atau rematik. Penelitian menunjukkan adanya penurunan peradangan setelah penggunaan 1.000 mg minyak jintan hitam selama delapan minggu.

8. Menjaga Fungsi Hati

Manfaat jinten hitam selanjutnya adalah menjaga fungsi hati. Organ yang satu ini sangatlah penting bagi tubuh karena kerusakan hati dapat menyebabkan komplikasi dan kerusakan pada organ lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat mengurangi toksisitas bahan kimia pada hati yang telah disuntikkan bahan beracun.

Kemampuan untuk melindungi funsgi hati kemungkinan berkaitan dengan kandungan antioksidan yang ada dalam jintan hitam dan kemampuan antiinflamasinya. Namun sem seperti manfaat sebelumnya, manfaat ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Itu sejumlah manfaat jintan hitam untuk kesehatan. Sebagian memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasya. 

Jika ingin menggunakan jintan hitam sebagai obat herbal, pastikan berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal sebelumnya. Jangan gunakan obat ini sembarangan karena belum diketahui efek samping dari penggunaannya.  []

Baca juga:


Berita terkait
0
Eks Camp Vietnam Bakal Dipakai Pasien Virus Corona
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyiapkan rumah sakit khusus pasien virus corona.