UNTUK INDONESIA
Khasiat Memakai Alkohol 70 Persen Saat Pandemi Corona
Selain menghilangkan virus dan bakteri di tangan dan permukaan benda, alkohol 70 persen ternyata memiliki beragam manfaat lain. Ini penjelasannya.
ilustrasi alkohol 70 persen. (Foto: Pixabay/veerasantinithi)

Jakarta - Alkohol 70 persen sering digunakan selama pandemi virus Corona atau Covid-19. Sebab, barang satu ini mampu menghilangkan virus dan bakteri di tangan dan permukaan benda guna mengantisipasi penyakit.

Selain itu, alkohol 70 persen memiliki sifat antivirus dan antibakteri sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Mulai dari membersihkan peralatan di rumah dan pakaian, menjaga kesehatan, serta lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai sejumlah manfaat alkohol 70 persen.

1. Disinfektan

Alkohol 70 persen menjadi salah satu perlengkapan yang dicari selama pandemi Covid-19 untuk dijadikan sebagai disinfektan. Ini karena disinfektan efektif untuk menghilangkan kuman pada benda-benda di rumah seperti meja, telepon genggam, atau pegangan tangga.

2. Antiseptik

Alkohol 70 persen juga bisa dijadikan sebagai antiseptik. Cairan ini mampu membersihkan permukaan tubuh dari kuman seperti bakteri dan virus.

Inilah mengapa alkohol sering digunakan sebagai bahan utama hand sanitizer. Gunakanlah antiseptik untuk membersihkan tangan usai menyentuh sesuatu yang sering digunakan banyak orang seperti tombol lift, gagang pintu, atau pegangan tangga.

3. Pewangi Ruangan

Alkohol 70 persen juga bisa dijadikan disinfektan sekaligus pengharum ruangan. Caranya, cukup masukkan cairan alkohol ke dalam botol semprot lalu campurkan beberapa tetes essential oil yang Anda sukai.

Semprotkan campuran tersebut ke beberapa area di ruangan yang kerap timbul bau tidak sedap. Selain wangi, campuran ini ampuh membantu membunuh bakteri yang berada di area tersebut.

4. Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian

Jika terdapat noda tinta di pakaian, alkohol 70 persen bisa menjadi solusi untuk menghilangkannya. Caranya, rendamlah bagian yang terkena tinta di dalam alkohol selama beberapa menit, kemudian cuci baju tersebut dengan deterjen.

5. Menghilangkan Bau Sepatu

Sepatu kerap menimbulkan bau tak sedap dari keringat lantaran menjadi sarang untuk bakteri. Alkohol 70 persen tentu bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa menyemprotkan sedikit alkohol ke dalam sepat, lalu jemur sampai kering di bawah sinar matahari.

6. Membersihkan Alat Makeup

Alat makeup seperti brush bisa menjadi sarang bakteri yang memicu wajah Anda berjerawat nantinya. Mengatasi masalah tersebut, cobalah Anda menggunakan alkohol 70 persen.

Caranya praktis dan mudah, cukup tuangkan alkohol 70 persen di wadah kecil, kemudian celupkan brush makeup ke dalamnya dan putar-putar selama beberapa detik. Lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

7. Kompres Dingin

Biasanya alkohol 70 persen ini dimanfaatkan untuk mengurangi pembengkakan di area tubuh dan rasa nyeri sendi. Caranya cukup menjadikannya sebagai kompres dingin saja. 

Anda bisa memasukkan air dan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:1 ke dalam kantong plastik atau ziplock bag. Jika sudah, ikat atau tutup plastik hingga rapat, lalu keluarkan sebagian besar udara yang tersisa di dalam kantung. 

Selanjutnya, masukkan plastik tersebut ke dalam plastik lainnya dan ulangi dengan menutupnya serapat mungkin dan udara sedikit mungkin, kemudian bekukan di dalam lemari pendingin selama beberapa jam.

8. Menghilangkan Bau Badan

Bagi yang kerap mengalami bau badan, alkohol 70 persen bisa menjadi solusi yang tepat mengatasi masalah tersebut. Alkohol 70 persen ini ampuh membasmi bakteri untuk mencegah bau badan.

Anda bisa mengoleskan sedikit saja alkohol ke ketiak. Tetapi jangan dioleskan seusai Anda mencukur bulu ketiak. Sebab, alkohol bisa membuat iritasi dan rasa perih di kulit. 

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari pemakaian alkohol secara merata di seluruh permukaan ketiak saat pertama kali mencoba. Tetapi ada baiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan beberapa tetes di area kecil pada ketiak dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksinya, jika aman, cobalah ke area yang lebih luas.

9. Menghilangkan Mual

Menghirup aroma alkohol 70 persen terbukti mampu menghilangkan rasa mual. Caranya mudah, celupkan kapas ke dalam alkohol 70 persen dan hirup secara perlahan sampai rasa mual berkurang. Sebaiknya jangan terlalu banyak menghirup alkohol karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti keracunan.

Baca Juga:

Berita terkait
Peneliti: Masker Ampuh Cegah Corona Hingga 40 Persen
Penggunaan masker ampuh mengurangi tingkat penyebaran virus Corona hingga 40 persen. Inilah sebabnya pemerintah mengimbau masyarakat pakai masker.
Risiko Tidak Membersihkan Alat Makeup Secara Teratur
Menjaga kebersihan alat makeup sangat penting untuk menghindari iritasi pada kulit. Berikut risiko tidak membersihkan kuas atau spons dengan rutin.
Risiko Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Selama Corona
Selama masa pandemi Corona, ternyata menggunakan sarung tangan saat belanja tidak efektif untuk mencegah penularan virus berbahaya tersebut.
0
Khasiat Memakai Alkohol 70 Persen Saat Pandemi Corona
Selain menghilangkan virus dan bakteri di tangan dan permukaan benda, alkohol 70 persen ternyata memiliki beragam manfaat lain. Ini penjelasannya.