UNTUK INDONESIA
Khasiat Luar Biasa Mentimun Rebus untuk Kesehatan
Mentimun memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Nah, Tagar akan ulas khasiat luar biasa dari tanaman yang identik dengan warna hijau ini.
Kulit Mentimun. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jakarta - Mentimun salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Biasanya, timun, sebutan akrabnya, dijadikan lalapan saat makan ayam panggang, ikan bakar dan makanan lain yang penyajiannya dibakar atau digoreng.

Mentimun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, apalagi jika buah yang berwarna hijau ini direbus terlebih dahulu.

Berikut Tagar ulas khasiat luar biasa mentimun untuk kesehatan.

1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolism akan terpancing untuk keluar dari tubuh melalui urine. Tubuh menjadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

2. Menurunkan Berat Badan

Mentimun salah satu buah yang memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Cocok buat yang ingin menurunkan berat badan.

Meminum air olahan mentimun akan membantu merasa lebih kenyang dengan kadar kalori yang sangat rendah. Jika tetap merasa lapar setelah minum air metimun, itu menjadi tanda tubuh merasa kehausan.

3. Melawan Kanker

Mentimun memiliki kandungan seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol lignan dan cucurbitacun. Ketiga kandungan tersebut dipercaya mampu berbagai jenis kanker, yaitu payudara, rahim, dan ovarium.

Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan seperti dikutip dari doktersehat, salah satu kandungan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

4. Menurunkan Hipertensi

Kandungan kalium di dalam mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. 

Untuk informasi, bagi penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi. Nah kondisi ini dapat distabilkan oleh mentimun.

Tingginya kadar sodium membuat kadar air dalam tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga memicu meningkatnya tekanan darah. Tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun, tidak semua orang dapat mendapatkan asupan yang cukup setiap harinya.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah. Kandungan tersebut dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

6. Melindungi Tulang

Mentimun menjadi sumber vitamin K yang baik, satu cangkirnya mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan.

Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupannya yang rendah telah dikaitkan dengan risiko tinggi patah tulang. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang. []

Berita terkait
Cara Alami Mengobati Radang Amandel
Operasi menjadi cara yang paling banyak ditempuh untuk mengatasi radang amandel. Nah, Tagar akan bagikan cara mengobatinya secara alami.
Tujuh Rahasia Khasiat Daun Kelor untuk Kulit
Daun kelor memiliki beragam khasiat untuk kulit, berikut Tagar rangkumkan.
Manfaat Sehat Kembang Sol Sepatu untuk Tubuh
Kembang sol sepatu menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut Tagas ulas khasiatnya.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.