Ketum TP PKK: Posyandu Ujung Tombak Pelayanan Masyarakat

Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian, meninjau dua Posyandu dalam kunjungan kerja ke NTB untuk memastikan pelayanan kesehatan berjalan baik.
Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian (baju biru), meninjau dua Posyandu dalam kunjungan kerja ke NTB untuk memastikan pelayanan kesehatan berjalan baik. (Foto:Tagar/Kemendagri)

Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, meninjau langsung dua Posyandu dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dua Posyandu yang ia kunjungi adalah Posyandu Batalyon TNI 742 Mataram, dan Posyandu Kemala di Polres Mataram.

Mudah-mudahan program posyandu keluarga yang digagas oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB bisa diterapkan di Posyandu ini, karena itu sangat bermanfaat sekali.

Dalam kunjungan ini, Ketum TP PKK ingin memastikan bahwa pelayanan di kedua fasilitas kesehatan tersebut berjalan baik. Sebab, menurutnya, Posyandu merupakan ujung tombak dalam melakukan pelayanan masyarakat agar lebih sehat. 

“Ini adalah salah satu ujung tombak dari pelayanan masyarakat agar lebih sehat,” tutur Tri berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Sabtu, 24 April 2021.

Tri menjelaskan, Posyandu Batalyon TNI 742 Mataram merupakan layanan kesehatan yang dibuat khusus untuk Prajurit TNI setempat. Tri berharap, fasilitas ini bisa dinikmati masyarakat di luar lingkungan Batalyon TNI 742 Mataram, seperti Posyandu Keluarga yang digagas Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, yang dapat melayani kesehatan para ibu hamil, balita, mencakup semua keluarga dan lansia.

Tri Tito KarnavianKetua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian, meninjau langsung dua Posyandu dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto:Tagar/Kemendagri)

“Kami yakin Posyandu di sini pasti sudah sangat baik, sudah menjalankan fungsinya dengan baik, mudah-mudahan program posyandu keluarga yang digagas oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB bisa diterapkan di Posyandu ini, karena itu sangat bermanfaat sekali, jadi tidak hanya melayani lingkungan di sini, tapi juga bisa melayani masyarakat yang berada di lingkungan ini,” tegasnya.

Tak hanya itu, Tri juga menyambangi Posyandu Kemala yang ada di Polres Mataram. Dalam penyelasannya, Tri menyebutkan bahwa Posyandu tersebut merupakan program dari pemerintah yang melayani pelayanan kesehatan dasar di tengah masyarakat yang dikelola mandiri oleh masyarakat, tapi juga dibantu oleh Dinas Kesehatan, BKKBN, dan Kepolisian setempat.

“Kami melihat bahwa sudah dilaksankan dengan baik, di mana para kadernya juga sangat semangat melayani kesehatan, tidak hanya di lingkungan Polri di sini, tapi juga masyarakat sekitarnya, di sini juga mereka melayani pemeriksaan ibu hamil, pelayanan keluarga berencana, dan melayani kebutuhan gizi anak-anak balita serta bantuan lain misalnya imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan juga untuk penyuluhan dan sosialisasi kepada ibu hamil, ibu yang juga menyusui dan anak balita,” jelasnya.

Kerja sama dalam menggagas layanan kesehatan tersebut, diharapkan bisa dilakukan di komunitas lain. Karena menurut Tri, masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya, dan negara bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya. 

Selain itu, kesehatan juga merupakan salah satu indikator dalam mewujudkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang unggul. Oleh sebab itu, Posyandu menjadi salah satu upaya layanan kesehatan bersumber daya masyarakat, merupakan ujung tombak dari pelayanan masyarakat agar lebih sehat. [] 

Berita terkait
Tampilan Kahiyang Ayu jadi Ketua Tim Penggerak PKK Medan
Putri Presiden Jokwoi, Kahiyang Ayu resmi menjadi Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Medan.
Ketua Umum TP PKK Ingatkan Peran PKK di Tengah Pandemi
Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian, resmi melantik Ketua TP PKK Sulawesi Utara Rita Maya dan Ketua TP PKK Kalimantan Utara Hj. Rachmawati.
Peringati Hari Ibu, TP PKK Pusat Gelar Swab Gratis
Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Tri Tito Karnavian mengatakan, telah melaksanakan swab test secara gratis.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar