Ketua DPRD Bogor: Harus Ada Solusi Soal Jajanan di Puncak

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta masyarakat untuk mencari solusi terkait mahalnya jajanan di Puncak Bogor agar wisatawan nyaman.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Rudy Susmanto. (Foto: Tagar/Susilo Utomo)

Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, meminta masyarakat untuk mencari solusi terkait mahalnya jajanan di Puncak Bogor yang viral di media sosial, Rabu, 2 Juni 2021.

“Yang berdagang disana kan juga warga masyarakat Kabupaten Bogor yang mencari rezeki, ya harus dicari solusi bersama,” ucap Rudi.

Menurut Rudy Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai pemilik kebijakan harus bersikap, agar hal ini tidak mengganggu kenyamanan wisatawan yang berlibur disana dan menciptakan efek domino yang mengakibatkan wisatawan malas berkunjung ke puncak atau tidak mau membeli makanan di kedai-kedai yang diisi para pedagang lokal.

“Pemkab Bogor harus bertindak agar wisatawan tidak ilfil berwisata ke Puncak atau beli makanan di kedai-kedai kecil tempat warga berdagang," ucapnya.

Menurutnya hal ini bisa ditangani dengan memberikan sosialisasi kepada pedagang untuk mebuat daftar harga dari semua yang diperjual belikan.

"Misalnya bisa dengan memberikan sosialisasi kepada para pedagang dan membuat daftar harga dari barang yang mereka jual, agar di kemudian hari tidak ada lagi hal seperti ini yang terjadi dan wisatawan bebas memilih mau belanja dimana,” kata Rudy. 


Pemkab Bogor harus bertindak agar wisatawan tidak ilfil berwisata ke Puncak atau beli makanan di kedai-kedai kecil tempat warga berdagang.


kuitansiSalah satu unggahan kuitansi netizen di Twitter. (Foto: Tagar/Susilo Utomo)

Di sisi lain Camat Cisarua Deni Humaedi mengatakan dirinya sudah mendatangi kedai yang dimaksud dan sudah mempertanyakan terkait hal itu kepada penjaga kedai. Hal ini disampaikannya melalui keterangan pers, Rabu, 2 Juni 2021.

“Penjaga kedai menyatakan bahwa saat kejadian itu malam, dirinya juga habis begadang makanya ada kesalahan saat penjumlahan yang tidak disengaja, saya menghimbau kepada para wisatawan yang berkunjung di puncak dan menikmati kudapan di kedai-kedai disana dicek terlebih dahulu saat membayar, jika ada kesalahan dalam penjumlahan bisa langsung komplain di lokasi,” ucapnya.

Deni juga sedang mencari solusi terkait sangat variatifnya harga jajanan di daerah Puncak karena saat berkeliling dirinya mendapati harga yang berbeda-beda antara satu kedai dan kedai lain walaupun lokasi berdekatan.

“Memang harga makanan dan minuman disana sangat bervariasi, tetapi akan kami carikan solusi untuk berkomunikasi dengan para pedagang disana untuk menetapkan harga enceran tertinggi makanan maupun minuman agar wisatawan tidak merasa di getok dan tetap nyaman berwisata di Puncak," ucapnya.

"Saya atas nama Pemerintah Kecamatan Cisarua memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, mudah-mudahan kedepan tidak ada lagi kasus serupa,” katanya.

Mengingat Puncak Bogor adalah salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Bogor, setiap hari libur selalu dibanjiri wisatawan dari sekitar Jabodetabek, cuaca pegunungan dan sejuknya udara puncak membuat betah wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya di Puncak.

Namun, belum lama ini viral di media sosial terkait mahalnya jajanan di area Puncak. Berawal dari salah satu netizen yang mengunggah kuitansi saat dirinya makan di salah satu kedai dengan harga yang sangat fantastik.

Unggahan netizen ini secara tidak langsung memancing banyak komentar miring di media sosial, bahkan setelah di posting di Twitter, Selasa, 1 Juni 2021, postingan itu sudah mendapat 3000 komentar dan lebih dari 9099 kali dibagikan. []

(Susilo Utomo)

Berita terkait
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.
5 Politisi Milenial Bogor Diprediksi Jadi Calon Pemimpin
Profil 5 politisi milenial Bogor yang muncul ke permukaan, diprediksi akan menjadi calon pemimpin masa depan Tanah Air dengan sederet prestasinya.
Pemkab Bogor Ditegur KPK, Ketua DPRD Ingatkan Semua Pihak
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto berusaha mengingatkan semua pihak terkait teguran KPK kepada Pemkab Bogor soal skor MPC.
0
Ketua DPRD Bogor: Harus Ada Solusi Soal Jajanan di Puncak
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta masyarakat untuk mencari solusi terkait mahalnya jajanan di Puncak Bogor agar wisatawan nyaman.