UNTUK INDONESIA
Kerugian Kebakaran Pabrik Tekstil di Magelang Rp 20 Miliar
Pabrik tekstil PT Pandatex di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar. Kerugian mencapai Rp 20 miliar.
Petugas memadakam kebakaran yang terjadi di pabrik tekstil PT. Pandatex Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Damkar Kab. Magelang)

Magelang - Kebakaran hebat melanda pabrik tekstil PT. Pandatex di Dusun Jambu, Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat, 23 Oktober 2020. Tidak ada laporan korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 20 miliar.

Dalam keterangan tertulis Pemadam Kekabaran Kabupaten Magelang, laporan kebakaran tersebut diterima pada pukul 11.23 WIB. Penanganan kebakaran membutuhkan waktu hampir tiga jam. "Waktu Penanganan mulai 11.26 WIB - 15.15 WIB," begitu pernyataan tertulis Damkar Kabupaten Magelang, Jumat, 23 Oktober 2020.

Menurut keterangan saksi, Suraji, karyawan pabrik menyebutkan, kebakaran diduga dari dari mesin Sizing yang baru diperbaiki. Saat akan dicoba untuk digunakan kembali, tiba-tiba muncul percikan api. Kemudian api merembet ke atap dan kain-kain di sekitarnya.

Tim pemadam bisa menyelamatkan satu masjid, dua rumah, satu pabrik.

Setelah mendapat laporan, Regu Piket Damkar Kabupaten Magelang langsung berangkat menuju ke lokasi dengan mengirimkan enam unit mobil pompa, dua unit tangki suplay, unit rescue beserta ambulans. Langkah yang dilakukan melakukan isolasi agar api tidak merembet ke tempat lain.

Kebakaran MagelangPetugas memadakam kebakaran yang terjadi di pabrik tekstil PT. Pandatex Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Damkar Kab. Magelang)

Upaya pemadaman membuahkan hasil, di mana si jago merah tidak merembet ke tempat lain. Sekitar tiga jam api bisa dipadamkan. "Tim pemadam bisa menyelamatkan satu masjid, dua rumah, satu pabrik," ujarnya.

Unsur terlibat dalam pemadaman ini meliputi Damkar Kabupaten Magelang, Koramil Tempuran, Polsek Tempuran dan karyawan pabrik. Sedangkan alat yang digunakan selang 1,5: 10 pcs, nozel 1,5: 5 pcs, selang 2.5: 15 pcs, nozle 2.5: 8 pcs, Y Connection: 6 pcs dan kampak: 1 unit.

Informasi kebakan pabrik tekstil juga bisa dibuka melalui Instagram: @damkar_kab_magelang, Facebook: Damkar KabMagelang dan Fanspage: @damkarkabmagelang. []

Baca Juga:

Berita terkait
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.
Sinyal Bareskrim Tetapkan Tersangka Kebakaran Kejaksaan Agung
Bareskrim seakan memberikan sinyal mengenai penetapan tersangka kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung RI.
Penyebab Kebakaran Hebat Bekas Pabrik AAF di Aceh
Kebakaran hebat terjadi di area pabrik PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) di Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh.
0
Kerugian Kebakaran Pabrik Tekstil di Magelang Rp 20 Miliar
Pabrik tekstil PT Pandatex di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar. Kerugian mencapai Rp 20 miliar.