UNTUK INDONESIA

Kerap Hujan saat Cuaca Panas, Bagaimana Jaga Kesehatan Kulit?

Disarankan mengubah kebiasaan merawat kulit agar tetap sehat ketika cuaca mulai sering mendadak hujan, atau tiba-tiba panas.
Ilustrasi Kulit Wajah Kering. (Foto: blog.neuffa.com)

Jakarta - Cuaca ekstrem tidak menentu bisa membuat kulit mendapat gangguan kesehatan. Disarankan mengubah kebiasaan merawat kulit ketika cuaca mulai sering mendadak hujan, atau tiba-tiba panas.

Dr Geeta Grewal, seorang ahli bedah kosmetik di India mengatakan, perawatan kulit bukan hanya tentang mengaplikasikan produk terbaik, tetapi berkaitan merawat tubuh secara internal.

Adapun ia memberikan kiat untuk merawat kulit dengan bahan alami ketika menghadapi cuaca tidak menentu. Menariknya, tips yang diberikan tidak membuat kantong Anda cepat berlubang. Dikutip dari laman Indianexpress, berikut tipsnya:

Banyak bahan bersumber dari dapur

Dr Geeta mengatakan hal yang paling dasar adalah mengonsumsi minuman dan makanan serba hangat. Meskipun keadaan lembab saat hujan atau terik ketika panas, biasakan tubuh tetap terhidrasi.

"Jagalah agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan meneguk manisan apel, jeruk, kayu manis, dan ramuan madu, atau sup hangat favorit Anda," kata Dr Geeta.

Ilustrasi DapurIlustrasi dapur. (Foto: Pixabay/Skitterphoto)

Sedangkan pilihan bahan untuk merawat kulit di akhir pekan, gunakan varian bebas sabun yang menghidrasi. Hindari produk kimia dan tetap gunakan bahan baku bersumber dari dapur.

"Krim wajah pagi yang terdiri dari gel lidah buaya, madu, susu, dan gliserin, akan memberikan pengalaman yang menenangkan dan melembabkan bagi kulit," ujar Dr Geeta.

"[Krim] pepaya, nanas, bayam sangat bagus untuk pengelupasan ringan, untuk menghilangkan sel-sel mati yang lengket menggumpal dari kulit Anda. Ini juga meningkatkan tekstur dan mengencangkan," sambungnya.

Anda yang memiliki waktu luang bisa memakai krim wajah pagi dari bahan alami ini lebih dari sekali selama seminggu. "Bisa dinikmati sekali atau dua kali seminggu," katanya.

Jangan lupakan juga faktor terpenting merawat kulit, baik wajah maupun di seluruh badan dengan menggunakan air hangat. Jangan gunakan air panas yang memang membuat badan rileks tetapi nyatanya menghilangkan minyak sehat dari kulit, dan membuat pelindung kulit menjadi lemah dan teriritasi.

Makanan di kulkasIlustrasi makanan di dalam kulkas. (Foto: Pixabay)

Dr Geeta menuturkan, Anda dapat menambahkan minyak kelapa extra virgin dalam rutinitas merawat kulit, seperti saat menghapus riasan wajah atau pijatan lembut di kulit pada anggota badan lain.

Minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat menutrisi kulit. Ketika cuaca ektrem melanda, Dr Geeta menyarankan untuk mengoleskan minyak kelapa setelah mandi pada kulit lembab untuk penyerapan yang lebih baik.

"Minyak alami ini memberi nutrisi seluler pada kulit, dengan target meningkatkan sel kulit dengan efektif sembari menghidrasi kulit di saat bersamaan," tutur Dr Geeta.

Berita terkait
Tabir Surya Masuk ke Aliran Darah, Sunscreen Aman Bagi Kulit?
Bahan kimia aktif dalam sunscreen atau tabir surya dapat dengan mudah meresap ke dalam aliran darah. Aman bagi kulit?
3 Cara Memutihkan Kulit Leher yang Lebih Hitam dari Wajah
Kulit di area leher lebih hitam daripada warna wajah membuat wanita menjadi risih. Anda yang mengalami bisa mengatasinya dengan cara alami.
Mudah dan Alami, Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Kulit Glowing
Kebiasaan yang kerap dilakukan milenial sekaligus generasi Z ternyata tidak baik bagi kulit wajah. Simak tips bikin kulit glowing ini.
0
Kerap Hujan saat Cuaca Panas, Bagaimana Jaga Kesehatan Kulit?
Disarankan mengubah kebiasaan merawat kulit agar tetap sehat ketika cuaca mulai sering mendadak hujan, atau tiba-tiba panas.