Kerap Dianggap Mistik, Ini Sederet Manfaat Bunga Melati

Karena kandungannya yang baik untuk kecantikan, bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti lotion dan aromaterapi.
Bunga Melati. (Foto: Tagar/Bebeja)

Jakarta - Meski seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistik, bunga melati punya khasiat yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi untuk perawatan kecantikan alami, salah satunya mampu melembapkan kulit. Bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti lotion dan aromaterapi.

Berikut ini beberapa manfaat bunga melati yang dilansir dari Womenshealth dan Stylecraze.


Mencegah Penuaan Dini

Bunga melati diyakini dapat mengurangi kerutan halus pada wajah serta membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Manfaat tersebut dapat didapat dengan cara mengoleskan beberapa minyak dari bunga melati ke area wajah serta leher setiap malam secara rutin.


Mengatasi Rambut Rontok

Bagi yang mengalami masalah pada rambut seperti kebotakan dan rambut rontok, maka bunga melati dapat dijadikan solusi yang tepat digunakan untuk merawat rambut.

Caranya cukup mudah. Siapkan hingga 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandan wangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gr kemiri, 2 buah bunga mawar, dan 4 liter air putih.

Kemudian, haluskan semua bahan dan rebus ramuan dengan api kecil selama 20 menit. Selanjutnya, dinginkan semua ramuan dan oleskan ke area kulit kepala sambil dipijat-pijat secara merata. Lakukan secara rutin sehari dua kali sebelum mandi.


Mengobati Jerawat

Bagi kaum wanita, munculnya jerawat di wajah membuat kesal dan tidak percaya diri. Salah satu perawatan kulit yang dapat mengobati jerawat yaitu dengan menggunakan masker wajah dari bunga melati.

Manfaat bunga melati untuk atasi jerawat sebetulnya mudah untuk diaplikasikan. Cukup dengan membuatnya menjadi masker wajah.

Cara membuat masker wajah dengan bunga melati cukup mudah, yakni dengan membersihkan bunga melati, kemudian ditumbuk halus. Setelah itu, dioleskan bunga melati pada wajah berjerawat. Tunggu 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.


Melembapkan Kulit

Manfaat bunga melati lainnya yaitu dapat melembapkan kulit. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

Tak hanya itu, bunga melati juga dapat membuka pori-pori yang telah tertutup, kemudian melembapkannya dan menjadikannya lebih sehat. Cukup dengan menggunakan masker atau lotion bunga melati dapat membantu perawatan kulit kering dan iritasi. Hal ini tentunya akan bagus bagi mereka yang menderita eksim. []


Baca juga

Berita terkait
Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare
Air kelapa menyimpan manfaat baik untuk kesehatan baik organ di dalam tubuh maupun untuk kulit termasuk menjadi bahan skincare. Berikut manfaatnya.
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
Sederet Manfaat Kayu Manis yang Perlu Kamu Tahu
Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan makanan karena memiliki aroma yang sedap dan memiliki banyak manfaat.
0
Kerap Dianggap Mistik, Ini Sederet Manfaat Bunga Melati
Karena kandungannya yang baik untuk kecantikan, bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti lotion dan aromaterapi.