UNTUK INDONESIA
Kepolisian Jamin Keamanan Warga Papua di Kudus
Kepolisian Kudus, Jawa Tengah, menjamin keamanan 23 warga Papua yang menempuh pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Kudus.
Petugas kepolisian mengevakuasi seorang warga saat melakukan penjagaan aksi di Mimika, Papua, Rabu, 21 Agustus 2019. (Foto: Antara/Sevianto Pakiding)

Kudus - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menjamin keamanan 23 warga Papua yang menempuh pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Kudus.

"Berdasarkan hasil kunjungan ke sejumlah sekolah yang menjadi tempat warga Papua menempuh pendidikan, mereka merasakan kenyamanan di Kudus," kata Kapolres Kudus AKBP Saptono di Kudus, Rabu, 21 Agustus 2019, saat diberitakan Antara.

Saptono mengatakan situasi saat ini di wilayah Kabupaten Kudus cukup kondusif. Sehingga, mereka tidak terpengaruh dengan pemberitaan terkait kondisi Papua.

Dia memastikan di Kabupaten Kudus tidak ada permasalahan soal keberadaaan mereka. Tetapi, kepolisian akan selalu siap memberikan keamanan untuk warga papua yang tinggal di Kudus, karena personel dari Polres Kudus juga diterjunkan untuk melakukan pemantauan.

"Kami berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang belum jelas kebenarannya," ujarnya.

Puluhan pelajar asal Papua yang ada di Kabupaten Kudus merupakan pelajar yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di sejumlah sekolah di Kudus, di antaranya di SMA 1 Bae, SMK Wisuda Karya maupun SMK di Kecamatan Kaliwungu. Sedangkan mereka tinggal di asrama yang berada di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jawa Tengah.

Warga Papua yang berada di Kabupaten Kudus juga merasakan kenyamanannya tinggal di Kudus, karena teman-teman di sekolah dan masyarakat di lingkungan selalu bersikap ramah dan menerima kehadiran mereka dengan baik.[]

Berita terkait
Papua Damai, Jika Masyarakat Indonesia Paham Persoalan
Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman menilai masalah Papua tidak dapat diselesaikan secara instan.
Dominggus Mandacan Sampaikan Pesan Jokowi untuk Papua
Presiden Joko Widodo mengharapkan masyarakat Provinsi Papua Barat menahan diri dan hidup dalam kedamaian.
Aksi Damai Warga Papua di Kota Timika, Berujung Ricuh
Aksi damai warga Papua di Timika, ibu kota Kabupaten Mimika menyebabkan situasi dan kondisi di Kota Timika ricuh.
0
Ikut Kemah, Pelajar Pematangsiantar Tewas di Danau Toba
Putri Sinambela, 16 tahun, seorang pelajar asal Kota Pematangsiantar ditemukan tewas di perairan Danau Toba.