Presiden Jokowi Melayat Artidjo Alkostar di Yogyakarta

Presiden Jokowi mengenang dan melayat almarhum Artidjo Alkostar di Kampus UII Yogyakarta, Senin, 1 Maret, 2021.
Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Kota Yogyakarta, Senin, 1 Maret 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Sleman - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) datang melayat ke mendiang Artidjo Alkostar di Universitas Islam Indonesia (UII) yang berada di Kaliurang, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Senin, 1 Maret, 2021 pagi tadi.

Baca Juga:

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, juga ikut menyalatkan mendiang Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu UII Yogyakarta.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kemarin hari Minggu telah berpulang ke rahmatullah Bapak Artidjo Alkostar. Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa," kata Presiden di lokasi, Senin, 1 Maret 2021.

Presiden sendiri memiliki kenangan tersendiri terhadap Mantan Hakim Agung yang berpulang pada usia 72 tahun tersebut.

Kita telah kehilangan putra terbaik bangsa

Jokowi mengenang, Artidjo Alkostar semasa hidupnya memiliki kepribadian dan integritas tak perlu diragukan lagi. Artidjo menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," kenang Jokowi.

Rektor UII Prof. Fathul Wahid pun turut berduka atas meninggalnya dosen senior Fakultas Hukum UII yang dikenal sebagai sosok penuh teladan dan menjadi panutan. “Banyak yang bisa dipetik dari sosok beliau khususnya soal kesederhanaan, keberanian beliau, konsistensi, dan integritasnya,” kata Rektor kepada wartawan.

Baca Juga:

Meskipun sibuk di Jakarta, mendingan masih meluangkan waktu untuk mengajar di Fakultas Hukum UII. “Bagi beliau mengajar di UII adalah membayar utang sejarah UII yang harus dilunasi,” ucapnya.

Almarhum Artidjo dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang prosesnya sendiri dimulai sekira pukul 10.00 WIB. “Dimakamkan di UII karena disiapkan khusus untuk keluarga besar UII,” ungkapnya. []

Berita terkait
Presiden Jokowi Sebut Artidjo Penegak Hukum yang Jujur
Presiden Joko Widodo mengatakan atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam atas kepergian Almarhum Artidjo Alkostar.
Korban Artidjo Alkostar, dari Mantan Kakorlantas hingga Anas
Artidjo Alkostar tercatat beberapa kali menambah masa hukuman para koruptor, dari mantan Kakorlantas Irjen Djoko Susilo hingga Anas Urbaningrum.
Jenazah Artidjo Dimakamkan di Pemakaman UII Yogyakarta
Jenazah Almarhum Artidjo Alkostar diberangkatkan dari RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Minggu, 28 Februari pukul 20.00 WIB.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.