Kenali 9 Gejala Berbahaya Leukemia Pada Anak

Leukemia atau kanker darah diketahui menyerang lebih dari satu juta anak dalam satu tahun, secara global.
Ilustrasi Kanker Anak. (Foto: Tagar/Freepik

Jakarta - Kanker adalah penyakit yang dapat menyerang bagian manapun dari tubuh kita dan juga dapat menyerang orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin, termasuk anak-anak.

Leukemia adalah jenis kanker darah yang mempengaruhi sel darah tubuh, diproduksi oleh sumsum tulang, akhirnya menghancurkan sel darah yang sehat. Leukemia diketahui menyerang lebih dari satu juta anak dalam satu tahun, secara global.

Berikut adalah beberapa gejala leukemia yang berbahaya pada anak-anak, yang tidak boleh diabaikan.


1. Mudah Memar

Biasanya anak-anak sangat aktif dan menghabiskan banyak waktu bermain di luar rumah dan belajar hal-hal baru seperti bersepeda, olah raga, dll. sementara. Namun, jika Anda mendapati anak Anda mudah memar, dengan jatuh lembut atau pukulan tumpul, yang terlalu sering terjadi, maka itu bisa menjadi tanda leukemia.


2. Hidung Berdarah

Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda telah mengalami mimisan terus menerus, secara acak, tanpa penyebab spesifik lainnya, seperti sengatan panas atau cedera pada hidung, maka itu bisa menjadi gejala pasti dari leukemia. Pembuluh darah di hidung menjadi lebih lemah dan cenderung mudah pecah saat anak terkena penyakit ini.


3. Nafsu Makan Buruk

Gejala ini mungkin tampak sangat normal pada kebanyakan anak, karena mereka biasanya cerewet tentang makanan, jadi mungkin tidak terlihat sampai sudah sangat larut! Ketika seorang anak terkena leukemia, sel-selnya bisa mulai menumpuk di perut dan limpa, menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan pencernaan, sehingga mengurangi rasa lapar.


4. Sering Terjadi Infeksi

Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda terus-menerus terkena infeksi, bahkan setelah perawatan, itu bisa menjadi tanda lain dari leukemia. Kanker ini mempengaruhi sel darah putih dan mulai menghancurkannya secara perlahan. Sel darah putih sangat penting untuk menemukan penyakit dan agen penyebab infeksi, sehingga leukemia dapat menurunkan kekebalan tubuh.


5. Sakit Perut

Sesekali, banyak anak yang mengalami sakit perut akibat gangguan pencernaan dan gas. Namun, jika Anda mendapati bahwa anak Anda terus-menerus mengalami sakit perut yang akut, tanpa adanya gangguan pencernaan, bisa jadi itu karena sel-sel leukemia yang menumpuk di perut telah mempengaruhi jaringan-jaringan perut.


6. Kesulitan Bernapas

Seperti yang kita ketahui, darah beredar ke setiap bagian dan organ tubuh, termasuk paru-paru. Jadi, ketika ada sel kanker di dalam darah, karena leukemia, mereka mulai menghancurkan sel-sel paru-paru, sehingga menyebabkan masalah pernapasan seperti kesulitan bernapas dan mengi, pada anak-anak.


7. Nyeri Sendi

Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda mengeluh nyeri sendi, lutut, siku, punggung, dll., Baru-baru ini dan tidak ada cedera yang menyebabkan nyeri tersebut, bisa juga merupakan tanda leukemia. Penumpukan sel kanker dalam darah di sekitar persendian dapat menyebabkan peradangan dan nyeri.


8. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh menurun dan menyebabkan kelemahan dan gejala lainnya. Jika ternyata anak Anda mengalami gejala anemia, seperti pusing, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain. Lakukan tes darah mereka dan jika itu mengindikasikan anemia, periksakan mereka untuk leukemia juga.


9. Bengkak

Jika Anda melihat ada pembengkakan di bagian seperti ketiak, persendian, leher, tulang selangka, dll., Pada anak Anda, itu bisa jadi gejala lain dari leukemia. Sel kanker dapat mempengaruhi kelenjar getah bening yang terletak di area tubuh ini dan menyebabkan pembengkakan. []


Baca Juga:

Pakai Bra Saat Tidur Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru












Pakai Bra Saat Tidur Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Berita terkait
8 Fakta Menarik Tentang Kanker Payudara
Selain kanker serviks, kanker payudara juga merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi wanita
Cegah Risiko Kanker dan Lima Manfaat Konsumsi Paprika
Papria punya banyak mafaat bagi kesehatan tubuh. Selain mencegah risiko kanker, berikut lima manfaat lain mengonsumi buah asal AS dan Meksiko ini.
Suami Tasya Kamila Sembuh dari Kanker Getah Bening
Tasya Kamila tengah bahagia lantaran sang suami, Randi Bachtiar, akhirnya sembuh dari penyakit kanker getah bening stadium dua.
0
Wulan Guritno Buka Suara Soal Alasan Cerai dari Adilla Dimitri
Meski telah secara resmi bercerai dari suaminya Adilla Dimitri pada bulan April 2021, namun alasan Wulan Guritno bercerai masih menjadi teka-teki.