Kenali 7 Amalan pada 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Bulan terakhir dalam kalender Islam sudah semakin dekat. Kenali amalan yang dapat dilakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah meski di tenfah Covid.
Ilustrasi - Amalan pada 10 hari pertama Dzulhijjah. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bulan terakhir dalam kalender Islam sudah semakin dekat, yaitu Dzulhijjah bulan ke-12 dalam tahun Islam dan saat Iduladha serta haji berlangsung.

Berdasarkan laman Birminghammail, yang dilihat pada Rabu, 7 Juli 2021. bagi umat Islam, 10 hari pertama Dzulhijjah dianggap lebih baik daripada semua hari lainnya dalam setahun, bahkan dalam Alquran menyebutkan, 

"Dan berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya" (QS Al Baqarah ayat 203). Berikut alaman yang harus dilakukan 10 hari pertama Dzulhijjah. 


1. Sholat

Para ulama mengatakan meningkatkan shalat adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan hari-hari ini sebaik-baiknya. Mulailah dengan shalat wajib lima waktu, dan jika Anda mampu perbanyaklah sholat sunnah.


2. Puasa Arafah

Umat Islam sangat dianjurkan untuk berpuasa pada hari Arafah. Para ulama mengatakan bahwa jika seseorang tidak mampu untuk berpuasa selama sembilan hari, ia dapat berpuasa setidaknya pada hari ke-9 Dzulhijjah, yang dikenal sebagai Hari Arafah.

"Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR. Muslim).


3. Puasa sembilan hari pertama

Nabi Muhammad akan berpuasa sembilan hari pertama Dzulhijjah. Untuk itu, sangat dianjurkan agar umat Islam mengikuti teladannya, dan mengambil ini sebagai kesempatan untuk memuaskan jiwa sambil menahan diri dari makanan dan minuman.


4. Qurban

Selama Dzulhijjah, setiap kepala rumah tangga Muslim harus mengorbankan seekor hewan qurban dan membagikan dagingnya kepada orang miskin dan membutuhkan serta keluarga, teman dan tetangga. Mereka juga dapat menyalurkan hewan qurban lewat masjid.

Tindakan ini memperingati kisah Nabi Ibrahim dan kesediaannya untuk tunduk pada kehendak Allah Ta'ala. Bagi umat Islam saat ini, itu berfungsi sebagai ekspresi kesalehan.


5. Mengingat Allah dengan berzikir

Selama hari-hari ini dianjurkan untuk menyatakan kebesaran dan kemuliaan Allah. Para ulama mengatakan itu adalah sunnah Nabi Muhammad untuk mengatakan tahmid, takbir, tahlil dan tasbih selama sepuluh hari pertama Dzulhijjah.

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,” (HR Ahmad).


6. Bertobat

Sebuah tindakan besar ibadah dalam Islam adalah untuk mencari pengampunan Tuhan. Selama hari-hari ini, setiap hamba memiliki kesempatan untuk bertobat atas dosa-dosa yang telah mereka lakukan dan berharap pada belas kasihan Allah.


7. Perbanyak perbuatan baik

Seorang muslim dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan ibadah lainnya seperti mengingat Allah, membaca Alquran, berdoa, bersedekah, berbakti kepada orang tua dan perbuatan baik umum lainnya.

Nah, itulah amalan yang harus Anda lakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah, meski di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai. 

Berita terkait
Mendag Pastikan Stok dan Harga Pangan Jelang Iduladha Stabil
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan stok dan harga pangan aman dan stabil jelang perayaan Iduladha yang hanya menghitung hari saja.
Muhammadiyah Tetapkan Iduladha Jatuh 20 Juli 2021
PP Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijah 1442 Hijriah atau perayaan Hari Raya Iduladha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.
Arus Balik Iduladha, Ini Imbauan ke Pemudik-Pengusaha
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengimbau masyarakat yang bepergian ke Jawa mempercepat waktu kepulangan.
0
Kenali 7 Amalan pada 10 Hari Pertama Dzulhijjah
Bulan terakhir dalam kalender Islam sudah semakin dekat. Kenali amalan yang dapat dilakukan pada 10 hari pertama Dzulhijjah meski di tenfah Covid.