Mendag Pastikan Stok dan Harga Pangan Jelang Iduladha Stabil

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan stok dan harga pangan aman dan stabil jelang perayaan Iduladha yang hanya menghitung hari saja.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: Tagar/Dok Kemendag)

Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan stok dan harga pangan serta menjamin tidak ada kebijakan impor sembako untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Pemerintah melalui Kemendag untuk memastikan hrga kebutuhan pokok stabil dan ketersediaan pasokan aman menjelang Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah.

“InsyaAllah, stoknya ada dan terjamin aman," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat mendampingi Menteri BUMN, Erick Thohir di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 26 Juni 2021.


Karena menurut perhitungan produksi gula pasir kita pada tahun ini tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya jadi mestinya semuanya aman.


Ia mengatakan pihaknya tetap melakukan pemantauan ketersediaan pasokan sejumlah komoditas pokok agar harga tetap stabil di pasaran, mengingat perayaan Iduladha tidak sampai satu bulan lagi.

Dengan adanya ketersediaan barang, kata Mendag, kebutuhan pokok dan lancarnya pasokan dari sentra produksi, maka bisa meredam gejolak harga bila kemungkinan terjadi walau di tengah pandemi Covid-19.

Sedangkan untuk komoditas, di antaranya gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam dan lain sebagainya dipastikan tetap terjaga pasokannya. 

"Karena menurut perhitungan produksi gula pasir kita pada tahun ini, tidak lebih buruk dari tahun sebelumnya. Jadi, mestinya semuanya aman," kata Lutfi. []

Berita terkait
Mendag Lutfi: Referendum Swiss Angin Segar Bagi IE-CEPA
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebut hasil referendum Swiss angin segar bagi kerja sama IE-CEPA
Mendag Muhammad Lutfi Miliki Harta Kekayaan Rp 123,5 Miliar
Muhammad Lutfi ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.
Rafli Kande ke M Lutfi: Kemendag Harus Tingkatkan Perdagangan
anggota Komisi VI DPR RI Rafli Kande berharap Menteri Perdagangan M Lutfi bisa meningkatkan volume perdagangan Indonesia.
0
Mendag Pastikan Stok dan Harga Pangan Jelang Iduladha Stabil
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan stok dan harga pangan aman dan stabil jelang perayaan Iduladha yang hanya menghitung hari saja.