Kenali 5 Nutrisi ini yang Dibutuhkan Mata

Nutrisi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia.
Ilustrasi mata sehat. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Mata Anda adalah bagian penting dari kehidupan, karena memungkinkan tugas-tugas tertentu diselesaikan dengan mudah melalui penglihatan. Kedua organ ini meskipun sangat kecil, akan tetapi sangatlah penting bagi tubuh manusia, itulah sebabnya setiap orang perlu berusaha untuk menjaganya agar tetap sehat.

Kesehatan mata berjalan seiring dengan kesehatan umum dan beberapa nutrisi sangat penting untuk mata Anda. Nutrisi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata Anda dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia. Dilansir dari eyedesigneyewear, berikut 6 nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda.


1. Vitamin A

Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sel-sel penginderaan cahaya mata Anda, juga dikenal sebagai fotoreseptor. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup vitamin A, Anda mungkin mengalami rabun senja, mata kering, atau bahkan kondisi yang lebih serius, tergantung pada tingkat keparahan kekurangan Anda.


2. Vitamin C

Mata Anda membutuhkan antioksidan dalam jumlah tinggi dari pada organ lainnya. Vitamin C antioksidan tampaknya sangat penting, meskipun studi terkontrol tentang perannya dalam kesehatan mata masih kurang. Vitamin C dalam jumlah tinggi ini ditemukan di banyak buah dan sayuran, termasuk paprika, buah jeruk, jambu biji, kangkung, dan brokoli.


3. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3, EPA dan DHA penting untuk kesehatan mata. DHA ditemukan dalam jumlah tinggi di retina Anda, di mana ia dapat membantu menjaga fungsi mata. Ini juga penting untuk perkembangan otak dan mata selama masa bayi. Dengan demikian, kekurangan DHA dapat mengganggu penglihatan, terutama pada anak-anak.


4. Vitamin E

Vitamin E adalah sekelompok antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya. Jika kekurangan vitamin E yang parah dapat menyebabkan degenerasi retina dan kebutaan, belum jelas apakah suplemen memberikan manfaat tambahan jika Anda sudah mendapatkan cukup asupan dari makanan Anda.


5. Zinc

Mata Anda mengandung zinc tingkat tinggi. Zinc adalah bagian dari banyak enzim penting, termasuk superoksida dismutase, yang berfungsi sebagai antioksidan. Tampaknya juga terlibat dalam pembentukan pigmen visual di retina Anda.

Untuk alasan ini, kekurangan zinc dapat menyebabkan rabun senja. Dalam satu penelitian, orang dewasa yang lebih tua dengan degenerasi makula dini diberi suplemen zinc. Kerusakan makula mereka melambat dan mereka mempertahankan ketajaman visual mereka lebih baik.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga
















Berita terkait
7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Memperbaiki Kualitas Tidur
Susah tidur dapat diatasi dengan menjaga kesehatan mata dari paparan cahaya komputer atau gadget.
6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Belajar Daring
Oleh sebab itu, para pelajar dan mahasiswa haruslah memperhatikan beberapa hal agar mata nya tetap sehat selama pandemi berlangsung.
7 Jenis Olahraga untuk Menaga Kesehatan Mata
Olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk mata minus.
0
Kenali 5 Nutrisi ini yang Dibutuhkan Mata
Nutrisi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia.