Penyebab Kantung Mata Hitam yang Jarang Diketahui

Ternyata kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda, berikut beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kantung mata menjadi hitam.
Ilustrasi Kantung Mata Hitam. (Foto: Tagar/istock)

Jakarta – Kantung mata hitam bisa dialami oleh pria, wanita, dan pada usia berapapun termasuk anak-anak. Ciri-cirinya, bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Keberadaannya ini dianggap mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri banyak orang karena memberi kesan lebih tua dari usia sebenarnya.

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata sering diidentikkan dengan kurang tidur. Namun, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda. Umumnya ini terjadi karena kebiasaan sehari-hari dan banyak faktor lainnya. Dilansir Tagar dari berbagai sumber, berikut penyebab kantung mata hitam yang jarang diketahui

1. Faktor Usia

Penyebab pertama kantung mata yang menghitam yakni karena faktor usia. Seiring bertambahnya usia kulit akan menjadi semakin tipis. Perlahan-lahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat keadaan ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

2. Genetik

Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga

Jika kamu memiliki kantung mata hitam sejak kecil itu artinya lingkaran hitam yang kamu alami merupakan faktor genetik. Umumnya faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata yang pada akhirnya membuat mata terlihat lebih gelap. Tidak ada cara yang benar-benar bisa menghilangkan faktor genetik tersebut. Namun kamu bisa melakukan perawatan kulit di area mata agar kulit tampak lebih cerah.

3. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering juga dapat memicu kantung mata menjadi hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

4. Kebiasaan menatap layar

Kebiasaan menatap layar merupakan salah satu faktor penyebab kantung mata yang hitam. Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

5. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

6. Kurang Minum

Penyebab kantung mata hitam selanjutnya kaena dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, biasanya akan timbul rasa haus. Setelah itu tubuh akan tiba-tiba mengalami kelelahan. Disaat tubuh lelah, biasanya pembuluh darah di sekitar mata akan melebar dan membuat timbulnya kantung mata hitam

7. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan faktor yang paling dikenali orang sebagai penyebab kantung mata menghitam. Ini karena kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lambat. Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncul mata panda. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Punya Kantung Mata Hitam? Ini Penyebabnya
Kantung mata hitam bisa disebabkan oleh terlalu banyak bersenang-senang hingga larut malam atau stres.
Sering Begadang? Ini Cara Ampuh Hilangkan Kantung Mata Wanita
Bagi wanita memiliki kantung mata yang besar dan agak kehitaman merupakan masalah yang sangat menjengkelkan.
Apakah Bantuan Tomat Dalam Hilangkan Lingkaran Hitam Bawah Mata?
Lingkaran hitam adalah masalah kulit umum yang kita semua hadapi. Ini yang bisa dilakukan tomat untuk hilangkan gelap di bawah mata.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)