Bangun Citra Positif, Kementerian ATR/BPN Luncurkan Podcast

Kementerian ATR/BPN Podcast pada tanggal 20 Oktober 2020 dengan tujuan menyebarkan informasi dan menyosialisasikan program strategis di lembaga.
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Yulia Jaya Nirmawati. (Foto: Tagar/Dok Kementerian ATR/BPN)

Jakarta – Masifnya penggunaan internet membuka peluang bagi setiap pihak untuk menyebarkan informasi. Berbeda dari 10 hingga 20 tahun yang lalu, di mana orang harus menonton televisi dan mendengarkan radio, hingga langganan koran agar mendapat informasi yang akurat dan tepercaya. 

Seiring perkembangan zaman, saat ini berbagai kanal tersedia, yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi melalui pembuatan konten berupa media baru yaitu podcast. Podcast atau siniar dalam bahasa Indonesia adalah episode program yang tersedia di Internet. 

Siniar biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. Adapun penyebaran konten siniar dapat memanfaatkan situs web YouTube.


Tujuan dibangunnya siniar di Kanwil BPN serta Kantor Pertanahan adalah menyebarkan informasi dan menyosialisasikan program strategis di lingkungannya.


Melihat fenomena siniar, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah meluncurkan ATR/BPN Podcast pada tanggal 20 Oktober 2020. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan bahwa siniar merupakan salah satu media komunikasi yang bisa dimanfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi, tetapi juga dapat saling berbagi informasi yang menarik dan penting khususnya di bidang pertanahan dan tata ruang.

“Siniar merupakan bagian untuk membangun citra positif Kementerian ATR/BPN. Karena kita ketahui, apabila masyarakat tidak mengenal kita secara baik, citra yang ada akan menjadi sangat minor. Oleh karena itu, melalui siniar, Kementerian ATR/BPN dapat menyosialisasikan program kerja kepada masyarakat luas,” kata Yulia Jaya Nirmawati pada Diskusi Kelompok Terpumpun, yang mengambil tema Podcast For Government: Cara Memulai Siniar Bagi Instansi Pemerintah, secara daring, Kamis, 26 Agustus 2021.

Lalu, mengapa Kementerian ATR/BPN memilih siniar sebagai salah satu media penyebaran informasi terkait pertanahan dan tata ruang? Kepala Biro Hubungan Masyarakat mengungkapkan bahwa siniar tidak hanya bernilai hiburan, tetapi juga informatif. Siniar juga memiliki durasi waktu yang beragam. 

Kelebihan utama dari siniar sendiri adalah kemampuannya untuk dikonsumsi sambil mengerjakan hal lain. “Siniar dapat kita saksikan dan dengarkan kapan saja dan tidak terikat pada waktu tertentu serta dapat membuat khalayak memahami informasi yang disampaikan,” ungkap Yulia Jaya Nirmawati.

Dalam diskusi tersebut, Yulia Jaya Nirmawati mengungkapkan bagaimana bisnis proses ATR/BPN Podcast. Menurutnya sebelum membuat siniar, Biro Hubungan Masyarakat membuat Surat Keputusan Tim Siniar Kementerian ATR/BPN. 

Kemudian, dalam menentukan tema, Tim Siniar Kementerian ATR/BPN memantau isu yang sedang berkembang di masyarakat berdasarkan analisis media monitoring. Setelah tema sudah ditentukan, baru kemudian melakukan pembingkaian isu dan topik yang akan dibahas dan terakhir melakukan proses produksi, persetujuan serta kemudian dipublikasikan di akun resmi YouTube Kementerian ATR/BPN.

Konten siniar juga sedikitnya berpengaruh terhadap perkembangan pengikut pada media sosial, khususnya YouTube sebagai wadah konten tersebut disiarkan. 

Hal ini terlihat bahwa sebelum ada konten siniar, jumlah pengikut akun YouTube Kementerian ATR/BPN sebanyak 8.917 dan sejak konten siniar pertama di rilis pada tanggal 8 Juli 2020 hingga 23 Agustus 2021 jumlah pengikut YouTube Kementerian ATR/BPN menjadi 17.000 pengikut. Selain itu, konten siniar tidak hanya diproduksi oleh Kementerian ATR/BPN saja, melainkan Kantor Wilayah BPN serta Kantor Pertanahan. 

“Tujuan dibangunnya siniar di Kanwil BPN serta Kantor Pertanahan adalah menyebarkan informasi dan menyosialisasikan program strategis di lingkungannya,” ucapnya. []

Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Modernisasi UMKM Minahasa Selatan
Kementerian ATR/BPN mengapresiasi keberhasilan program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan mengalami peningkatan yang signifikan.
Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialisasi Maturitas SPIP
Kementerian ATR/BPN gelar sosialisasi SPIP bertujuan untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.
Kementerian ATR/BPN Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas
Kementerian ATR/BPN bahas pengelolaan Pengaduan yang terstruktur dan sistematis merupakan wujud pelayanan publik yang berkualitas.
0
PD: Semoga Untuk Rakyat, Bukan Demi Perpanjang Masa Jabatan
Herzaky Mahendra Putra mengatakan, dengan bertambahnya kekuatan parpol pendukung pemerintah, berharap bisa lebih baik.